Jokowi-2
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: google images)

BANDUNG, harianpijar.com – Menyoal pidato pertama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang langsung menyita perhatian, lantaran dalam pidato tersebut dirinya menggunakan kata “pribumi”.

Kata “pribumi” yang diucapkan¬†Anies Baswedan tersebut menjadi polemik di masyarakat. Namun, bagaimana tanggapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai hal itu?

Saat ditemui di sela kegiatan kunjungannya ke keluarga besar PP Persis di Bandung, Selasa, 17 Oktober 2017 malam, Presiden Jokowi hanya berkomentar singkat mengenai hal itu.

“Tanyakan ke Pak Anies,” kata Presiden Jokowi singkat disertai senyumnya yang khas dan melenggang pergi.

Seperti diberitakan, pada saat menyampaikan pidato politik, Senin, 16 Oktober 2017 malam, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan sejarah panjang Republik Indonesia yang terjadi di Jakarta, seperti Sumpah Pemuda, perumusan garis besar Republik Indonesia, hingga proklamasi kemerdekaan.

Lebih lanjut, Anies Baswedan juga mengatakan, setiap sudut di Jakarta menyimpan sejarah, sejak era Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, hingga Jakarta yang merupakan kisah pergerakan peradaban manusia.

Selanjutnya, dikatakan Anies Baswedan, berakhirnya penjajahan yang pernah terjadi di Jakarta selama ratusan tahun harus dijadikan momentum bagi pribumi melakukan pembangunan dan menjadi tuan rumah yang baik.

“Dulu kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan (dijajah). Kini telah merdeka, saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Anies Baswedan.

Menurut Anies Baswedan, kemerdekaan di Indonesia, direbut dengan usaha sangat keras sehingga alam kemerdekaan harus dirasakan semua warga.

loading...