presiden-jokowi-digarut
Presiden Jokowi, sudah ada lebih dari 900 kepala desa yang ditangkap karena dana desa.

GARUT, harianpijar.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sudah ada lebih dari 900 kepala desa yang ditangkap karena dana desa. Karena itu, Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk dapat terlibat dalam mengawasi program dana desa.

Selain itu, dikatakan Presiden Jokowi, program ini adalah andalan pemerintah untuk membangun desa dan mengurangi ketimpangan.

“Uang itu ditransfer langsung dari pusat menuju ke desa. Tanggung jawab ada di desa, masyarakat juga harus ikut mengawasi dan mengontrol uang itu jadi barang apa. Apakah jadi irigasi, jalan, dan sebagainya. Tidak mungkin pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah mengikuti begitu banyaknya desa,” kata Presiden Jokowi di Lapangan Olahraga Kerkoff, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa, 17 Oktober 2017 kemarin.

Menurut Presiden Jokowi, sudah ada lebih dari 900 kepala desa yang ditangkap karena dana desa. Sementara, dari 74 ribu desa yang ada di Indonesia, tidak mungkin pemerintah untuk mengawasi pemanfaatan dana desa satu per satu.

Karena itu, ditegaskan Presiden Jokowi, bagi para kepala desa diimbau agar masyarakat turut dilibatkan dalam menentukan pemanfaatan dana desa tersebut. Selain itu, pemanfaatan dana desa juga diperbolehkan sepanjang untuk hal produktif yang dapat memajukan perekonomian desa.

“Yang paling penting, pengawasan yang paling baik itu adalah dari masyarakat,” tandas Presiden Jokowi.

SUMBERMetrotvnews
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR