Arief-Budiman
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. (foto: Dok. KPU)

JAKARTA, harianpijar.com – Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang dikelola oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebentar lagi dapat diakses publik. Hal itu menyusul setelah selesainya tahapan pendaftaran dan pemeriksaan kelengkapan yang dilakukan hari ini.

“Setelah seluruh proses memeriksa dan melengkapi dokumen dinyatakan selesai, nanti pukul 24.00 WIB, KPU kalau tidak ada halangan akan mempublikasikan penggunaan Sipol untuk bisa diakses dan dilihat oleh masyarakat,” ujar Ketua KPU Arief Budiman, di Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2017.

Terbukanya akses Sipol untuk publik, kata Arief Budiman, merupakan salah satu langkah KPU untuk menjalankan penyelenggaraan pemilu yang transparan.

“Jadi, kami akan segera, begitu selesai proses dilakukan, maka KPU akan membuka akses Sipol untuk publik secara umum,” kata Arief Budiman.

Selain itu, KPU mewajibkan data kepengurusan partai politik diisi melalui Sipol mulai penyelenggaraan Pemilu 2019. Meskipun demikian, kewajiban dari KPU tersebut menuai berbagai kritik dari partai calon peserta pemilu.

Bahkan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga menyayangkan pihaknya tidak bisa mengakses Sipol seleluasa KPU.

Untuk diketahui, pendaftaran partai politik calon peserta pemilu sudah berakhir pada Senin, 16 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB.

Namun, melalui Surat Edaran KPU Nomor 585/PL.01.0-SD/03/KPU/X/2017 masa pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan diperpanjang dalam tempo 1×24 jam.

Dengan demikian, partai politik calon peserta pemilu dapat melengkapi dokumen persyaratan hingga Selasa, 17 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB. (nuch/kom)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR