Megawati-Soekarnoputri
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. (foto: SP/Fuska Sani Evani)

SURABAYA, harianpijar.com – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan calon gubernur Jawa Timur yang diusung PDIP hari ini, Minggu, 15 Oktober 2017.

Sedangkan pendeklarasian bersama partai pengusung lainnya akan dilakukan setelahnya. Lain itu, surat rekomendasi untuk calon yang diusung akan ditandatangani pada hari ini dan diserahkan langsung pada calon yang diusung.

“Yang diundang di sana terutama adalah struktur partai, dari sekretaris, bendahara dan jajaran fungsional. Kita akan rapat Sabtu, 14 Oktober 2017 dan pengumuman calon yang diusung akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum, Minggu, 15 Oktober 2017,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, saat berkunjung ke Surabaya baru-baru ini.

Sementara, dalam pengumuman tersebut para calon yang diusung akan dihadirkan dalam forum.

Selanjutnya, menurut Hasto Kristiyanto, siapa calon untuk Jawa Timur, dirinya tidak akan menjelaskan dan menjawab hal tersebut. Bahkan, saat ditanya terkait sinyal rekomendasi akan jatuh pada Syaifullah Yusuf, dirinya juga masih enggan memberi tahu.

Lebih lanjut, ditegaskan Hasto Kristiyanto, menurutnya pengumuman dan penentuan calon itu akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Bu Risma (Tri Rismaharini) apa potensi, jelas potensi. Bahkan dalam survei kami hasilnya juga tinggi,” tegas Hasto Kristiyanto.

Selanjutnya, Hasto Kristiyanto juga memastikan, Tri Rismaharini tidak akan hadir dalam pengumuman calon yang diusung oleh PDIP di Jakarta tersebut.

Karena, Tri Rismaharini dijadwalkan terbang ke Tokyo untuk menerima penghargaan dan menjadi pembicara dalam forum internasional. “Calon yang kita pilih nanti akan kita sembunyikan di suatu tempat, lalu tiba-tiba kita hadirkan di sana. Untuk Bu Risma nanti kan bisa teleconference,” canda Hasto Kristiyanto sambil tertawa.

Selain itu, Wali Kota Surabaya tersebut menanggapi positif adanya kunjungan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ke kediamannya hari ini.

Namun, Hasto Kristiyanto tetap enggan membocorkan lebih jauh masukan apa saja yang diberikan soal Pilgub Jatim. Menurutnya, banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan dan sarapan bareng kala itu.

“Tunggu tanggal mainnya,” kata Tri Rismaharini saat ditanya apakah dirinya siap jika dicalonkan PDIP di detik-detik terakhir.

Selanjutnya, Tri Rismaharini juga mengaku tidak bisa mengatakan siap. Karena mengatakan kesiapan itu bukanlah halnya ringan, melainkan berat.

“Aku gak bisa ngomong siap. Saya tidak boleh ngomong siap. Karena itu berat, wong saya saat sudah dapat rekom untuk maju jadi walikota saja nggak bisa saya ngomong siap,” kata Tri Rismaharini.

Sementara, saat ditanya apa siap menjadi juru kampanye saat keputusan rekom tidak jatuh kepadanya, dirinya mengaku sangat siap. “Kalau jurkam saya siap. Saya jadi jurkam sampai ke Papua rek,” tandas Tri Rismaharini.

loading...