Irjen-Setyo-Wasisto
Irjen Setyo Wasisto.

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyatakan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) Polri akan ditempatkan di setiap Polda. Selain itu, Kepala Densus (Kadensus) Tipikor akan dijabat oleh perwira berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) atau bintang dua.

“Jadi, Densus Tipikor itu nanti akan seperti Densus 88. Ada yang di pusat di bawah kendali Kapolri (Jenderal Tito Karnavian). Densus Tipikor dipimpin oleh bintang dua, Kadensus,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 13 Oktober 2017.

Menurut Irjen Setyo Wasisto, Densus Tipikor juga akan dibentuk di setiap Polda. Tetapi, terkait jumlah personel hingga kepala satuan akan disesuaikan dengan tipe polda masing-masing.

“Di setiap polda itu mungkin dilihat dari tingkatan poldanya ya, pangkatnya apa,” ucap Irjen Setyo Wasisto.

Lebih lanjut, dijelaskan Irjen Setyo Wasisto, meski Densus Tipikor ada di setiap polda, namun segala kegiatannya tidak bergantung kepada Kapolda. Lain itu, antara Densus Tipikor dengan Polda sifatnya hanya koordinasi.

“Satgas itu di bawah kendali Kadensus langsung, Kadensus di bawah Kapolri. Seperti sekarang, Densus 88 di daerah itu, mereka bukan di bawah kendali Kapolda. Iya koordinasi (dengan polda) boleh. Kalau masalah penindakan itu tanggung jawabnya langsung di pusat karena ini secara terpusat,” jelas Irjen Setyo Wasisto.

Seperti diberitakan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan Satgas Densus Tipikor bakal ditempatkan di 33 Polda. “6 (Polda) Satgas tipe A, 14 (polda) Satgas tipe B, dan 13 (polda) Satgas tipe C,” kata Jenderal Tito Karnavian, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 12 Oktober 2017 kemarin.

loading...