Ilustrasi-Ahok
Ilustrasi. (foto: Dok. AFP)

JAKARTA, harianpijar.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diharapkan sebagian warga untuk tidak masuk ke dunia politik lagi setelah bebas dari penjara.

Selain itu, Ahok saat ini sedang menghabiskan dua tahun hidup di penjara setelah divonis bersalah dalam kasus penodaan agama.

“Saya berharapnya sih Pak Ahok jadi penyidik KPK saja. Kayaknya bisa berkurang banyak sih jumlah koruptor atau makin banyak yang ketangkap dengan kinerjanya Ahok,” kata Agnes seorang mahasiswi, kepada wartawan, Kamis 12 Oktober 2017.

Sementara, masuk ke dunia politik memang hak Ahok, namun menurut seorang mahasiswi, mestinya belajar dari pengalaman sebelum dijatuhkan menjelang pilkada Jakarta.

“Dia pasti dilirik banyak orang, dari dalam atau luar negeri, itu pasti. Tapi saya rasa banyak yang mau menjadikan dia orang penting karena dia orang hebat yang bisa membenahi Jakarta walaupun tidak sepenuhnya,” kata Jessycha Nayoan mahasiswi lainnya.

Sedangkan, gaya Ahok sebagai pemimpin dikenal galak dan ucapannya ceplas-ceplos. Hal itu menjadi catatan sendiri bagi warga, ada yang menyukai, ada pula yang ingin mengubah gaya Ahok.

“Sebenarnya saya biasa saja terhadap sikap beliau yang ceplas-ceplos. Tapi sebaiknya beliau lebih memperhatikan cara berbicaranya saja. Karena setiap orang punya penilaian karakter yang berbeda-beda, takutnya ada yang kesinggung dengan kata-kata beliau,” kata warga bernama Nadyati.

Selanjutnya, salah seorang mahasiswi jurusan jurnalistik Universitas Multimedia Nusantara Febriana Dewi menganggap, Jakarta membutuhkan pemimpin dengan gaya seperti Ahok.

“Pak Ahok itu menurut saya nggak banyak janji, tapi langsung jalani. Dia benar-benar membangun Jakarta dalam waktu yang menurut saya cukup singkat (kurang dari lima tahun). Yang paling saya rasakan itu transportasi, terutama Transjakarta, sekarang walaupun tetap ramai, armadanya diganti yang baru dan nyaman, terus Kalijodo yang tiba-tiba jadi bagus, walaupun butuh nyali besar buat bersihin tempat itu,” kata Febriana Dewi.

Selain itu, juga dijelaskan Febriana Dewi, kebijakan Ahok, sekarang dirasakan oleh banyak warga.

Pekan depan, Jakarta akan dipimpin oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Warga berharap kepada mereka agar benar-benar membangun Jakarta dengan transparan dan lebih baik.

SUMBERSuara
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR