Jonru-Ginting-1
Jonru Ginting. (foto: facebook/jonru.page)

JAKARTA, harianpijar.com – Tim kuasa hukum Jonru Ginting menghadirkan beberapa orang saksi yang meringankan. Selain istrinya, Yulianti, Jonru Ginting juga menghadirkan Irman, mantan karyawannya.

“Saya mantan karyawannya Pak Jonru, saksi yang meringankan,” kata Irman di Gedung Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, 10 Oktober 2017.

Irman mengatakan, dirinya bekerja pada Jonru Ginting sejak November 2012 hingga Februari 2016 atau sekitar tiga tahun lebih. Tugasnya hanyalah membantu kegiatan Jonru berjualan melalui Facebook.

“Kan dia ada jualan buku, gitu-gitu aja. Sehari-hari packing yang mau dikirim, terus ambil buku di percetakan. Ya gitu-gitu aja,” ujar Irman.

Menurut Irman, dirinya tidak pernah mendapatkan tugas khusus dari bosnya itu, apalagi berkaitan dengan postingan yang saat ini dipermasalahkan ke polisi.

“Enggak. Paling tugas khusus kan kadang kita bikin buku, paling ngurus ISBN ke Perpusnas, gitu-gitu aja sih, sederhana,” jelasnya.

Selain itu, Irman mengaku tidak mengetahui kegiatan Jonru Ginting sehari-hari. Menurutnya, kegiatan Jonru hanya aktivitas biasa saja. “Kegiatannya biasa saja. Kalau kerja, kerja. Antarin istri, anaknya sekolah,” kata Irman.

Bahkan, Irman juga menyebutkan dirinya tak pernah melihat Jonru Ginting menerima tamu tokoh-tokoh tertentu di rumahnya yang terletak di kawasan Makasar, Jakarta Timur.

“Wah sama sekali enggak ada (tamu). Pak Jonru itu kemana-mana masih naik motor. Enggak ada tamu apa,” ujarnya.

Sementara itu, kuasa hukum Jonru Ginting yang mendampingi Irman, Suharman, dalam kesempatan yang sama mengatakan, Irman ditanya dengan 29 pertanyaan oleh penyidik.

Pertanyaan penyidik kepada Irman, hampir sama dengan pertanyaan yang diajukan kepada Anang, karyawan Jonru yang diperiksa lebih dulu oleh polisi.

“Pendalaman materi kemarin yang ditanya ke karyawan Jonru kemarin si Anang. Pendalaman dari itu dikros cek ke Irman, kegiatannya apa saja,” kata Suharman.

Karyawan Jonru Ginting itu, kata Suharman, juga ditanya mengenai Akrom Fondation. Namun, Irman mengaku tidak tahu menahu soal yayasan tersebut.

“Dia enggak tahu sama sekali. Ditanyain memang. Iya Akrom, cuma dia enggak tahu. Posisinya kayak si Anang itu, dia kalau urusan Jonru posting-posting lain-lain dia enggak tahu sama sekali. Dia istilahnya divisi sibuk,” ujar Suharman. (nuch/det)

loading...