Eggi Sudjana: Semua Biaya Hidup Rizieq Dijamin oleh Pemerintah Arab

Eggi-Sudjana
Eggi Sudjana. (foto: detik/Rengga Sancaya)

JAKARTA, harianpijar.com – Seperti diketahui pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, yang merupakan tersangka kasus dugaan chat berkonten pornografi, hingga kini masih berada di Arab Saudi.

Terkait hal itu, pengacara Eggi Sudjana menyebutkan semua kebutuhan Rizieq Shihab di sana dijamin oleh pemerintah Arab Saudi.

“Dia kan banyak teman, alumni sana dan banyak jaringan. Dia sudah dinyatakan keturunan Nabi Muhammad ke-39 apa berapa gitu. Nasab (garis keturunan) sudah jelas. Menurut pemerintahan Kerajaan Saudi, kalau dia nasab sampai ke Rasulullah, dijamin semua oleh pemerintah itu,” sebut Eggi Sudjana di Bareskrim Polri, Selasa, 10 Oktober 2017.

Baca juga:   Pengacara dan Tokoh Masyarakat Laporkan Rizieq Shihab Ke Polda Bali, Terkait Ujaran Kebencian

Selain itu, kata Eggi Sudjana, pemerintah Arab Saudi tentunya menerima Rizieq Shihab. Di sana, Rizieq Shihab banyak melakukan berbagai kegiatan.

“Kalau nggak menerima, dia udah didemo. Kegiatannya dakwah, kunjungan-kunjungan. Dia kan alumni di sana, juga Riyadh,” kata Eggi Sudjana.

Menurutnya, Rizieq Shihab masih belum berencana untuk pulang ke Tanah Air. Keputusan itu diambil demi menghindari konflik dan untuk menjaga persatuan di Indonesia.

“Yang pasti dia menekankan pada saya, tidak pulangnya dia menjaga persatuan Indonesia. Anda bayangkan, pendukung Ahok, misalnya, juga pendukung Jokowi pengen sekali Habib Rizieq ditahan. Sementara pendukung Habib Rizieq nggak mau dong ditahan. Kalau ini terjadi, konflik, benturan, jadi gimana,” ujarnya.

Baca juga:   Kuasa Hukum Sampaikan Pesan Habib Rizieq Soal Bencana di Indonesia

Meskipun demikian, Eggi Sudjana tak mau berkomentar mengenai status tersangka Rizieq Shihab. Sebab, kata Eggi Sudjana, penetapan status tersangka itu adalah urusan penyidik.

“Itu urusan polisi, bukan saya. Kalau polisi melihat ini nggak bener, tangkep aja mestinya. Itu urusan penyidik, bukan saya,” tandasnya. (nuch/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini