Setya-Novanto
Setya Novanto. (foto: MI/Susanto)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua DPR RI Setya Novanto dijadwalkan untuk menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Meskipun demikian, Setya Novanto disebut tidak akan hadir karena alasan kondisi kesehatan.

“Kan kondisi kesehatan beliau masih dalam pemulihan, beliau juga masih bed rest dan beliau kan diwajibkan untuk melakukan check up ulang,” kata kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi, Senin, 9 Oktober 2017.

Selain itu, Fredrich Yunadi mengaku tidak tahu tentang pemanggilan Setya Novanto untuk bersaksi dalam sidang dengan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong. Dirinya mengatakan bahwa kliennya itu tidak membicarakan dengannya.

“Oh saya tidak tahu ya (soal pemanggilan Setya Novanto di sidang), beliau tidak bicarakan dengan saya, tapi yang jelas kalau ada panggilan pasti sudah ada,” ujar Fredrich Yunadi.

“Tapi beliau kan kondisi kesehatannya masih belum dimungkinkan kan,” tambahnya.

Sebelumnya, kepastian mengenai pemanggilan Setya Novanto disampaikan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irene Putrie.

Namun, Irene Putrie juga menyebutkan bahwa Ketua Umum Partai Golkar itu kemungkinan tidak akan hadir dengan alasan sakit.

“Iya (Setya Novanto dipanggil jadi saksi di sidang), tapi nggak datang, masih sakit katanya,” ujar Irene Putrie saat dihubungi terpisah.

Untuk diketahui, selain Setya Novanto, juga ada beberapa saksi lain yang dipanggil antara lain Gamawan Fauzi, Yusuf Darwin Salim, Zudan, Setya Budi Arijanta, Kristitan Ibrahim Moekmin, dan Ganjar Pranowo. (nuch/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR