Zainudin-Amali
Zainudin Amali. (foto: Dok. F-Golkar)

JAKARTA, harianpijar.com – Komisi II DPR telah menginventarisir partai yang akan diundang untuk membahas Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Lain itu, mantan anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) berkemungkinan akan diundang untuk menghadiri pertemuan tersebut.

“Saat ini kami inventarisasi karena kami memberikan kebebasan kepada fraksi untuk mengundang mereka yang setuju, tidak, atau bahkan di tengah peraturan terkait organisasi massa ini,” kata Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali di Gedung Nusantara Parlemen, di Jakarta, Rabu 4 Oktober 2017 kemarin.

Selanjutnya, Zainudin Amali, setelah diinventarisir pihak mana yang akan diundang, Komisi II akan mengundang perwakilan partai tersebut. Lain itu, dirinya juga menyebutkan bahwa ada usulan untuk mengundang perwakilan mantan anggota HTI.

“Pastinya, pihak yang diundang harus mewakili organisasinya, tidak semua anggota dan kami memiliki proposal untuk mengundang mantan anggota HTI dan hal itu dipertimbangkan,” ucap Zainudin Amali.

Sementara, dalam diskusi tentang Perppu Ormas antara Komisi II DPR dan perwakilan pemerintah, beberapa pihak menyarankan untuk memasukkan unsur-unsur pemerintah, kecuali yang tertulis dalam keputusan tersebut. Beberapa pihak yang disebutkan adalah Menteri Agama, Polri dan TNI.

Sedangkan, Perppu Ormas juga memberi pemerintah kekuatan untuk membubarkan sebuah organisasi tanpa proses hukum. Selain itu, Perppu juga melarang setiap organisasi untuk mengadopsi dan menyebarkan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Selanjutnya, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dianggap sebagai salah satu organisasi yang diyakini bertentangan dengan ideologi negara Pancasila karena mempromosikan kekhalifahan Islam.

Sampai saat ini, Perppu Ormas tersebut masih menjadi isu kontroversial dan memicu kecaman dari kelompok masyarakat dan hak asasi, karena khawatir hal itu dapat mengancam kebebasan berserikat dan berekspresi.

SUMBERRepublika
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR