Raja-Juli-Antoni
Sekjen DPP PSI Raja Juli Antoni. (foto: Dok. PSI)

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tengah bersiap untuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pendaftaran tersebut akan dilakukan PSI dalam waktu dekat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PSI Raja Juli Antoni menyebutkan, pihaknya berupaya untuk mempersiapkan berkas pendaftaran secepatnya.

Proses pendaftaran, kata Raja Juli Antoni, terkesan mendadak. Pasalnya, sosialisasi dari KPU mengenai sistem informasi partai politik (SIPOL) dianggap terlambat.

“Bukan salahnya KPU semata. UU Pemilu-nya yang lambat disahkan, sehingga segalanya serba mepet dan mendadak,” kata Raja Juli Antoni melalui siaran pers, Selasa, 3 Oktober 2017.

Lebih lanjut Raja Juli Antoni mengatakan, berkas pendaftaran PSI sedang dirapikan. Termasuk meng-input data ke sistem SIPOL. Seluruh persyaratan sesuai UU Pemilu dan PKPU sudah terpenuhi.

Menurut Raja Juli Antoni, kepengurusan partai PSI di provinsi sudah terbentuk 100 persen di kabupaten/kota sebesar 75 persen, dan juga di kecamatan.

“Mereka sudah di-SK-an, memiliki surat sewa-pinjam kantor, rekening bank dan syarat-syarat administratif lainnya,” ujarnya.

Selain itu, kata Raja Juli Antoni, PSI optimistis bisa menyelesaikan semua persyaratan teknis dan administratif tersebut dalam beberapa hari kedepan.

Dirinya bahkan memastikan pendaftaran akan dilakukan dalam pekan ini.

“Tinggal menunggu waktu kapan semua pengurus berada di Jakarta untuk sama-sama mendaftar mendatangi KPU,” tandasnya. (nuch/kom)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR