AMPG
AMPG laporkan Yorrys Raweyai dan Ahmad Doli Kurnia ke Bareskrim Polri atas dugaan pencemaran nama baik. (foto: detik/Denita Br Matondang)

JAKARTA, harianpijar.com – Anggota Dewan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) melaporkan Korbid Polhukam Partai Golkar Yorrys Raweyai dan Ketua GMPG Ahmad Doli Kurnia ke Bareskrim Polri. Lain itu, keduanya dilaporkan terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto.

Menurut Ketua Bidang Penggalangan Mahasiswa dan Pelajar AMPG Guntur Setiawan, pelaporan ini sudah mendapatkan amanah dari Ketua DPP AMPG.

“Saya mendapatkan amanah dari ketua DPP AMPG untuk melaporkan atas perbuatan melawan hukum tindak pidana dan atas perbuatan tidak menyenangkan dan pencemaran nama baik sekaligus fitnah kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar, Bapak Setya Novanto,” kata Guntur Setiawan di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Senin 2 Oktober 2017 kemarin.

Lebih lanjut, dijelaskan Guntur Setiawan, kami melaporkan Yorrys Raweyai dan Ahmad Doli Kurnia kepada Bareskrim dan kami meminta kepada penyidik untuk memanggil serta memeriksa atas perbuatan keduanya

“Kami minta kepada penyidik untuk memanggil serta memeriksa atas perbuatan keduanya,” jelas Guntur Setiawan.

Sementara, dikatakan Guntur Setiawan, pihaknya melaporkan Yorrys Raweyai dan Ahmad Doli Kurnia karena meragukan kesehatan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto. Lain itu, menurut Guntur Setiawan, keduanya juga dilaporkan karena pernyataan di beberapa media terkait prediksi kemenangan Setya Novanto di praperadilan ketika menghadapi KPK di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Persoalan tentang sepertinya Yorrys meragukan kesehatan dengan alat. Seharusnya yang bicara tentang kesehatan itu dokter bukan Yorrys yang menentukan detak jantung itu. Kedua, saya rasa tidak pantas dan bicara di media tentang aturan praperadilan sehingga Yorrys dan Doli dapat informasi Bapak Setya Novanto menang,” kata Guntur Setiawan.

Selanjutnya, Guntur Setiawan juga mengaskan, pelaporan tersebut tidak akan memperkeruh konflik di Partai Golkar. Justru, menurutnya, Yorrys Raweyai dan Ahmad Doli Kurnia memanasi situasi politik Partai Golkar tersebut.

“Sebenarnya bukan untuk memperkeruh. Ini buat catatan. Mereka yang memperkeruh suasana di Golkar. Kalau mereka tidak berkomentar, Golkar adem-adem saja,” tegas Guntur Setiawan

Lain itu, Guntur Setiawan juga mengatakan, pihaknya juga akan segera mengunjungi Setya Novanto untuk bersilahturahmi sekaligus membahas pelaporan tersebut ketika kondisi Setya Novanto membaik.

“Masih sakit. Kalau sudah membaik kita coba silaturahmi,” kata Guntur Setiawan.

Berdasarkan pantauan, lebih dari 20 anggota AMPG sudah hadir sejak pukul 14.00 WIB di Bareskrim Polri. Laporan ini diterima dan diregister dengan nomor TBL/681/X/2017/Bareskrim.

Sedangkan, Yorrys Raweyai dan Ahmad Doli Kurnia dilaporkan atas dugaan tindak pidana fitnah dan pencemaran nama baik melalui media online seperti dalam pasal 310 dan 311 KUHP dan atau pasal 45 ayat (3) juncto pasal 27 ayat (3) UU 19/2016 tentang UU ITE.

Sebelumnya, AMPG sempat melaporkan keduanya ke Bareskrim Polri pada Minggu, 1 Oktober 2017 malam. Namun, laporan tersebut ditolak karena AMPG melaporkan Yorrys Raweyai dan Ahmad Doli Kurnia atas nama pribadi.

Selanjutnya, mereka lalu melaporkan kembali keduanya hari ini, Senin 2 Oktober 2017 kemarin dengan menyebut atas amanah Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto.

SUMBERdetik
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR