Fadli-Zon
Fadli Zon. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon berharap Ketua DPR Setya Novanto segera beraktivitas kembali. Namun, belum ada kabar resmi apakah Setya Novanto sudah pulang dari rumah sakit.

“Saya kira kan ada tindakan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa beraktivitas lagi. Saya sendiri kan belum tahu, belum sempat melihat langsungnya,” kata Fadli Zon di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 2 Oktober 2017.

Menurut Fadli Zon, tidak perlu ada isu tentang pergantian Ketua DPR jika merujuk pada kondisi kesehatan Setya Novanto saat ini. Lain itu, penggantian Ketua DPR tidak serta-merta bisa diusulkan hanya karena kondisi seperti Setya Novanto.

“Di dalam UU itu mengatakan bahwa itu pergantian itu apa persyaratan-persyaratannya, misalnya mengundurkan diri atau karena yang lain. Sejauh yang saya lihat sih tidak ada atau tidak mendengar ada rencana itu,” ucap Fadli Zon.

Lebih lanjut, Fadli Zon menjelaskan, kondisi Setya Novanto bisa membaik. Ini karena menurutnya penyakit yang diderita Ketua Umum Partai Golkar itu dapat disembuhkan alias tidak permanen sehingga tugasnya sebagai ketua DPR masih dapat dikerjakan.

“Ya kan kita lihat dong nanti, apakah, kan sakitnya kan bukan sakit yang permanen, gitu ya,” jelas Fadli Zon.

Sementara, dikatakan Fadli Zon, kerja pimpinan DPR bersifat kolektif kolegial. Artinya, jika Setya Novanto sakit dan tak bisa menjalankan tugas, pimpinan lain dapat mengambil alih pekerjaan itu untuk sementara waktu.

“Sejauh ini kan kita cara bekerjanya kolektif kolegial. Jadi sejauh beberapa hari atau beberapa minggu ini saya kira tidak ada masalah,” tandas politikus Partai Gerindra ini.

loading...