Sohibul-Iman
Mohamad Sohibul Iman. (foto: Muhammad Hilal/Dok. PKS)

YOGYAKARTA, harianpijar.com – Ketua DPR RI Setya Novanto memenangkan gugatan praperadilan melawan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terkait hal itu, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengatakan kemenangan Setya Novanto tersebut merupakan hal yang luar biasa dalam sejarah hukum di Indonesia.

“Kita sangat terkejut juga ya. Ini di dalam sejarah hukum kita luar biasa menurut saya,” ujar Sohibul Iman saat menghadiri PKS PR Summit di Inna Garuda Yogyakarta, Jumat, 29 September 2017.

Lebih lanjut Sohibul Iman menyontohkan, sebelum kasus Setya Novanto ada sidang praperadilan dengan putusan serupa, yaitu kasus Budi Gunawan. Namun, ada perbedaan menyolok di antara kedua kasus tersebut.

Dalam kasus Budi Gunawan, belum ada pihak yang diadili. Sedangkan pada kasus Setya Novanto, sudah ada beberapa pihak yang diadili bahkan sudah diputuskan.

“Fakta persidangannya jauh lebih banyak pada (kasus) Setya Novanto ini. Maka sesungguhnya bagi saya Setya Novanto sulit untuk menang di praperadilan. Tetapi kenyataanya menang di praperadilan,” ucap Sohibul Iman.

Meskipun demikian, kata Sohibul Iman, persoalan itu adalah ranah hukum yang tidak bisa diintervensi. KPK tentu akan mempelajari kembali, meneliti keputusan praperadilan dan akan mencari celah apakah memungkinkan untuk penetapan tersangka kembali.

“Kita tunggu saja. Ini adalah proses hukum antara KPK dan pengadilan,” tandasnya. (nuch/det)

loading...