Jenderal-Tito-Karnavian
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (foto: Reuters)

JAKARTA, harianpijar.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian meminta personel kepolisian yang mengawal aksi menolak Perppu Ormas di gedung DPR, Jumat 29 September 2017 (hari ini-red) tidak dibekali senjata api.

Menurut Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto, instruksi itu disampaikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat rapat bersama Polda Metro Jaya, Kamis 28 September 2017 kemarin.

“Pertemuan ini membahas persiapan pengamanan peserta demonstrasi menolak Perppu ormas. Memeriksa kesiapan rekan-rekan yang ditugaskan besok (hari ini-red) pengamanan aksi,” kata Irjen Setyo Wasisto.

Lebih lanjut, Irjen Setyo Wasisto menjelaskan, Jenderal Tito Karnavian dalam rapat tersebut memberikan arahan khusus agar personelnya yang menjaga dan mengawal aksi 299 tidak membawa senjata api.

“Ada arahan khusus yang jelas kami tidak boleh membawa senjata api. Karena kami ini melayani dan mengamankan aksi damai, sebagai implementasi demokrasi boleh menyampaikan pendapat, boleh menyampaikan aspirasi,” jelas Irjen Setyo Wasisto.

Sementara, berdasarkan surat pemberitahuan kepada Polda Metro Jaya, aksi demonstrasi yang digagas Presidium Alumni 212 itu mengklaim bakal diikuti 17 ribu orang.

SUMBERSuara
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR