Ustaz-Yusuf-Mansur
Ustaz Yusuf Mansur.

SURABAYA, harianpijar.com – Kepolisian Daerah (Polda) Jatim akan melakukan gelar perkara kasus dugaan penipuan investasi bodong Condotel Moya, Ustaz Yusuf Mansur.

Penyidik Subdit Harta Benda Bangunan dan Tanah Direktorat Reserse Kriminal Umum (Subdit Harda-Bangtah Ditreskrimum) Polda Jatim pun sudah memeriksa terlapor.

“Terlapor sudah kita periksa. Keterangannya umum-umum saja,” kata Kasubdit Harda-Bangtah Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Yudhistira, Selasa, 26 September 2017.

Lebih lanjut AKBP Yudhistira menjelaskan, saat diperiksa, Ustaz Yusuf Mansur menyebutkan bahwa dirinya tidak terlibat langsung dalam bisnis kondotel syariah di Yogyakarta itu.

“Pihak kondotel kan membutuhkan dana untuk membangun, kemudian ditawarkan lewat salah satu jamaahnya dan menawarkan konsep syariah. Dia (Ustaz Yusuf Mansur) hanya menyampaikan sebatas menolong,” ujar AKBP Yudhistira.

AKBP Yudhistira mengatakan, penyidik akan tetap menangani perkara tersebut. Untuk mengetahui apakah ada indikasi pidana, penyidik akan melakukan gelar perkara.

“Mungkin minggu ini kita gelar perkara, untuk menentukan apakah bisa naik menjadi tersangka atau kurang memenuhi unsur pidanannya,” katanya.

Sementara itu, kuasa hukum pelapor, Rahmad Siregar mengatakan pihaknya ingin mengetahui kejelasan dari penanganan perkara tersebut.

“Kami ingin kejelasan, kalau memang tidak terbukti ya disampaikan. Kalau memang ada unsur pidananya, ya mohon disampaikan,” kata Rahmad Siregar. (nuch/det)

loading...