Nurdin-Tampubolon
Nurdin Tampubolon. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menepis tudingan dari politisi senior PAN Amien Rais yang menyebutkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi angin bagi kebangkitan PKI.

Rencana produksi ulang film G30S/PKI bukan untuk membangkitkan PKI namun untuk memahamkan generasi muda akan bahaya PKI.

“Menurut saya itu pernyataannya kurang pas, dari mana pula bisa presiden bisa membangkitkan PKI. Jadi menurut saya itu adalah sesuatu yang tidak mungkin lah kalau itu terjadi,” kata Wakil Ketua Umum Partai Hanura Nurdin Tampubolon seperti dilansir dari detik, Senin, 25 September 2017.

Nurdin Tampubolon mengatakan film G30S/PKI telah ada sejak pemerintahan Presiden Soeharto. Menurutnya, film tersebut diproduksi ulang untuk memahamkan dan menyadarkan generasi muda akan sejarah kelam Indonesia terkait PKI.

“Menurut saya rakyat Indonesia bisa melihat, begini lah kekejaman PKI ini, jangan sampai ini terulang lagi. Jadi ini menunjukkan kepada masyarakat bagaimana kejamnya PKI pada zaman mereka masih eksis di Indonesia pada 30 September 1965,” ujar Nurdin Tampubolon.

Menurut Nurdin Tampubolon film G30S/PKI perlu untuk diproduksi ulang. “Hal itu untuk menunjukkan kekejaman PKI pada saat mereka masih eksis, itu perlu sebagai pembelajaran generasi muda yang belum melihat dan mendengar langsung kejadian itu,” tambahnya.

Pembuatan atau produksi ulang film G30S/PKI merupakan bagian dari warisan sejarah kepada generasi muda. Bukan untuk menghilangkan atau merubah fakta sejarah yang ada mengenai PKI.

“Jadi kekejaman PKI itu biadab, tidak perlu dipermasalahkan lagi, orang-orang yang mengikuti itu (PKI) perlu diwaspadai. Itu adalah bukti sejarah bagaimana kejamnya satu partai dulu terhadap negaranya, terhadap masyarakat. Itu fakta sejarah yang tidak bisa dilupakan republik ini,” kata Nurdin Tampubolon.

Sementara itu, wacana dari Presiden Jokowi yang ingin dibuat ulang film G30S/PKI agar disesuaikan dengan kaum milenial dikritik keras oleh Amien Rais.

Menurutnya, rezim Presiden Jokowi secara tidak disadari memberi angin bagi kebangkitan PKI. Oleh karena itu, Amien Rais tidak setuju film G30S/PKI dibuat ulang karena dianggap berbahaya.

“Yang jelas sekarang ini rezim Jokowi secara nggak disadari memberikan angin kebangkitan PKI. Itu yang bahaya,” ujar Amien Rais, Minggu, 24 September 2017. (nuch/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR