Hasto-Kristiyanto
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

JAKARTA, harianpijar.com – PDI Perjuangan (PDIP) mendukung usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat ulang film G30S/PKI.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, pemutaran film tersebut dapat membuat bangsa Indonesia tak dibebani persoalan masa lalu yang membuat mundur ke belakang.

“Jadi sebagai presiden kami dukung sikap sepenuhnya dari bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Hasto Kristiyanto di sela kursus politik Pancasila PDIP di kantor DPP PDIP, Minggu, 24 September 2017.

Lebih lanjut Hasto Kristiyanto mengatakan, seluruh komponen bangsa harus bergandengan tangan dan bersatu untuk melihat masa lalu sebagai pelajaran terbaik. Namun, bukan untuk membongkar luka-luka masa lalu.

Dirinya mengimbau, seluruh pemimpin untuk menjaga suasana kondusif, bukan justru membuat kegaduhan baru dan membuang-buang energi bangsa dengan hal-hal yang tidak perlu.

“Mari bangsa ini menatap masa depan dengan belajar dari masa lalu agar kemudian setiap pemimpin juga memenuhi tanggung jawabnya sebagai pemimpin untuk tidak menciptakan berbagai persoalan-persoalan yang tidak perlu,” kata Hasto Kristiyanto.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi sebelumnya mengaku tak keberatan mengenai TNI dan masyarakat menggelar acara nonton bareng film G30S/PKI.

Namun, dirinya berharap ada film baru yang dibuat untuk menyesuaikan karakter generasi milenial.

“Untuk anak-anak milenial tentu saja mestinya dibuatkan lagi film yang memang bisa masuk ke mereka,” kata Presiden Jokowi, Senin, 18 September 2017 lalu. (nuch/kom)

loading...