Amien-Rais
Amien Rais. (foto: metrotvnews)

JAKARTA, harianpijar.com – Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengkritik wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin membuat ulang film G30S/PKI yang disesuaikan dengan kaum milenial.

Menurutnya, rezim Presiden Jokowi secara tidak disadari memberi angin bagi kebangkitan PKI. Oleh karena itu, Amien Rais tidak setuju film G30S/PKI dibuat ulang karena dianggap berbahaya.

“Yang jelas sekarang ini rezim Jokowi secara nggak disadari memberikan angin kebangkitan PKI. Itu yang bahaya,” ujar Amien Rais usai menghadiri pernikahan putra Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Grand Ballroom Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu, 24 September 2017.

Dalam kesempatan itu juga Amien Rais meminta Presiden Jokowi berhati-hati terhadap usulannya membuat ulang film G30S/PKI.

“Pak Jokowi harus hati-hati dalam mengusulkan film baru. Karena yang dibuat pada sekian tahun lalu itu adalah film berdasarkan riset yang panjang. Tidak ngawur,” katanya.

Amien Rais tak mau film versi baru tersebut nantinya malah membenarkan apa yang dilakukan oleh PKI. Dirinya mengatakan akan banyak pihak yang menentang apabila ternyata nantinya isi film tersebut bertentangan dengan apa yang masyarakat ketahui soal PKI selama ini.

“Kalau kemudian versi baru mau membenarkan PKI, saya kira siapapun akan bangkit untuk mengingatkan itu. Pokoknya Jokowi hati-hati,” kata Amien Rais.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi sebelumnya mengaku tak keberatan mengenai TNI dan masyarakat menggelar acara nonton bareng film G30S/PKI.

Namun, dirinya berharap ada film baru yang dibuat untuk menyesuaikan karakter generasi milenial.

“Untuk anak-anak milenial tentu saja mestinya dibuatkan lagi film yang memang bisa masuk ke mereka,” kata Presiden Jokowi, Senin, 18 September 2017 lalu. (nuch/det)

loading...