Masinton-Pasaribu
Masinton Pasaribu. (foto: Media Indonesia)

JAKARTA, harianpijar.com – Posisi Wakil Ketua Pansus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Masinton Pasaribu dicopot oleh Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) di DPR. Surat pergantian pun sudah disampaikan Fraksi PDIP kepada Pansus pada Selasa, 19 September 2017.

Surat itu ditandatangani Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto. Sedangkan untuk posisi Wakil Ketua Pansus saat ini ditempati oleh Eddy Kusuma Wijaya.

Menurut Bambang Wuryanto, pergantian tersebut hanya untuk penyegaran. “Sepengetahuan saya penyegaran biasa. Penyegaran biasa sebagaimana saat Masinton menggantikan Riska (Mariska),” kata Bambang Wuryanto saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu, 20 September 2017.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan oleh Bendahara Fraksi PDIP Alex Indra Lukman. Dirinya mengatakan alasan pergantian tersebut untuk mengefektifkan kinerja Pansus Hak Angket.

Sebab, menurut Alex Indra Lukman, Eddy Kusuma Wijaya merupakan mantan polisi yang paham dengan proses hukum.

“Pergantian biasa saja karena Pak Eddy kan mantan Pati (Perwira Tinggi) Polri sehingga kami nilai akan lebih mengefektifkan kinerja Pansus ke depannya,” kata Alex Indra Lukman.

Alex Indra Lukman mengatakan, pergantian tersebut tidak berkaitan dengan pernyataan Masinton Pasaribu yang kerap menyerang KPK dan kontroversial.

“Kontroversial kan persepsi, dari dulu persepsinya kan sudah begitu (Masinton Pasaribu kontroversial),” tandasnya. (nuch/kom)

loading...