Ridwan-Kamil-1
Ridwan Kamil. (foto: Antara/Sigid Kurniawan)

JAKARTA, harianpijar.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil ini gerah dengan informasi hoax alias berita bohong yang banyak disebarkan oleh akun-akun di media sosial.

Bahkan, dirinya dituding sebagai peniru Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menaiki bajaj.

Melalui akun Instagram pribadinya, Ridwan Kamil mengunggah sebuah foto yang sebelumnya telah diunggah oleh akun Instagram @pos54.id.

Namun, berdasarkan pantauan harianpijar.com di akun Instagram @pos54.id, Selasa, 19 September 2017 postingan foto tersebut sudah tidak terlihat lagi.

Dalam foto yang membandingkan tampilan dari seorang penemu dan peniru itu terlihat Presiden Jokowi yang tengah menaiki bajaj dibubuhi tulisan penemu. Sedangkan foto Ridwan Kamil disebelahnya dibubuhi tulisan peniru.

Rupanya foto yang diunggah oleh akun Instagram @pos54.id itu mengundang reaksi Ridwan Kamil. Dirinya menyebut akun itu merupakan salah satu contoh akun provokator.

“‘Jempol lawan dengan jempol’. Ini contoh akun provokator,” tulis Ridwan Kamil mengawali keterangan foto tersebut, seperti dilihat harianpijar.com, Selasa, 19 September 2017.

Selanjutnya, dalam keterangan foto itu Ridwan Kamil menjelaskan, dirinya mengendarai bajaj karena diminta oleh Perusahaan Gas Negara (PGN) di Bandung untuk mengetes kendaraan dengan inovasi sistem bahan bakar gas (BBG).

“Saya naik bajaj itu karena diminta (Perusahaan Gas Negara) atau PGN di Bandung untuk ngetes kendaraan dgn inovasi sistem bahan bakar gas (BBG),” ungkap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyebutkan, setiap orang boleh memiliki pandangan politik yang berbeda. Namun, harus didasari oleh fakta bukan berdasarkan berita bohong atau hoax yang disebarkan oleh akun di media sosial yang tak jelas sumbernya.

“Lagian di Bandung mah bray, mana ada bajaj, nu aya ge mantan balatak murudul. Boleh beda pandangan politik, namun harus berbasis fakta karena Akun medsos itu di follow karena integritasnya. #HantamHoax @pos54.id,” tulis Ridwan Kamil.

Sementara itu, Postingan dari Ridwan Kamil ini menuai respons yang beragam dari para netizen. Hingga pukul 10.37 WIB, foto tersebut telah disukai oleh 123.498 akun.

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR