logo-psi
Logo Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (foto: Dok.Istimewa)

JAKARTA, harianpijar.com – Terinspirasi dari apa yang pernah dilakukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menggalang dana kampanye untuk Pilkada DKI Jakarta 2017.

DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta juga mengelar acara yang serupa, yakni untuk menggalang dana partai.

Bahkan, Ketua DPW PSI Jakarta Michael V Sianipar ikut mengalami dan menjadi pengagas acara penggalangan dana kampanye Ahok saat itu.

“Rp87,9 miliar itu yang kita kumpulkan dari penggalangan dana. Kita bawa dokumennya beberapa kardus ke KPU. Jadi kalau dicek ada,” ujar Michael V Sianipar dalam acara penggalangan dana yan diberi tajuk #PatunganRakyat, di Kantor DPW PSI Jakarta, Minggu, 17 September 2017.

Sementara, untuk anggaran partai tahun 2017 ini dibutuhkan sebanyak Rp2 miliar. Oleh karena itu, PSI membuka diri bagi siapapun yang akan menyumbangkan dana untuk PSI Jakarta.

“Tadinya mau acara gede, tapi acara pertama dikantor sendiri dan kumpulan anggota sendiri dulu, kumpulin anggota, simpatisan. Jadi mulai dari anggota. Kalian adalah penyumbang PSI pertama di Jakarta bahkan DPP aja belum. Itu lah konsep Patungan Rakyat,” kata Michael V Sianipar.

Selain itu, tujuan PSI menggalang dana supaya masyarakat bisa memiliki rasa kepemilikan partai. Dengan begitu, ada kontrol dari masyarakat luas yang merasa uangnya telah disumbangkan.

“Kalau membuka, jadi semua orang merasa tanggung jawab. Begitu penggalangan dana dibuka, partai bukan pengurusnya doang, tapi milik partisipan dan rakyat,” ujar Michael V Sianipar.

Rencananya acara penggalangan dana yang lebih besar juga akan dilakukan. Dengan minimal Rp200 ribu, penyumbang bisa menyalurkan dana melalui rekening bank yang PSI sediakan. (nuch/det)

loading...