Ahmad-Hanafi-Rais
Ahmad Hanafi Rais. (foto: Istimewa)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (Waketum PAN) Ahmad Hanafi Rais berharap masa kerja Pansus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh DPR tak diperpanjang.

Pasalnya, kata Ahmad Hanafi Rais, jika seluruh informasi sudah diperoleh melalui sumber selain KPK, pansus sebaiknya segera mengakhiri masa kerjanya.

“Saya kira tentu lebih cepat lebih baik. Kalau memang seluruh informasi sudah cukup, seluruh narasumber diundang juga sudah lengkap, kecuali KPK yang tidak mau,” kata Ahmad Hanafi Rais di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 14 September 2017 malam.

Putra Amien Rais itu menambahkan, urgensi diadakannya Pansus Hak Angket KPK juga sudah terjawab dengan masa kerja pansus hingga akhir September nanti.

Apa lagi, masyarakat juga sudah menanti rekomendasi Pansus untuk perbaikan dan penguatan KPK.

“Dan kami perlu menyisakan waktu, setelah rekomendasi kan harus ada tindak lanjutnya. Jadi lebih cepat lebih baik,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Pansus Hak Angket KPK Masinton Pasaribu mengatakan, pansus akan melaporkan hasil kerja mereka dalam rapat paripurna DPR pada akhir September mendatang.

Dalam rapat paripurna itu nantinya, pansus akan meminta persetujuan rapat untuk perpanjangan masa kerja.

“Nanti pansus akan melaporkan ke rapat paripurna. Rapat paripurna lah yang akan memberikan dan memutuskan apakah perlu diperpanjang atau tidak,” ujar Masinton Pasaribu di Jakarta, Kamis, 14 September 2017.

Selain itu, ketika dikonfirmasi terkait pembahasan di internal pansus, Masinton Pasaribu mengakui ada beberapa data yang harus didalami dan dikonfirmasi lebih jauh.

Beberapa temuan yang perlu didalami itu adalah soal aset yang tersebar tidak hanya di Jakarta. Tak hanya itu, pansus juga akan mendalami perihal kewenangan penyadapan yang dimiliki oleh KPK. (nuch/kom)

loading...