Pesawat-Hercules-TNI-AU
Prajurit TNI AU melakukan persiapan melanjutkan perjalanan membawa bantuan kemanusian untuk pengungsi Rohingya dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 setelah pengisian bahan bakar di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh, Kamis, 14 September 2017. (foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/aww/17)

JAKARTA, harianpijar.com – Pesawat Hercules pertama milik TNI AU, A 1316, yang mengangkut 34 ton bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya tiba di Bangladesh.

Berdasarkan siaran pers resmi dari Istana Kepresidenan, pada Jumat, 15 September 2017, pesawat itu tiba di Bandara Internasional Shah Amanat, Chittagonh, Bangladesh, Kamis, 14 September 2017 sekira pukul 17.00 waktu setempat, setelah menempuh perjalanan udara selama sekitar 4 jam 30 menit.

Duta Besar (Dubes) RI untuk Bangladesh Rina Soemarno bersama perwakilan pemerintah Bangladesh menyambut kedatangan pesawat yang khusus membawa tenda dan selimut itu.

Kemudian Direktur Tanggap Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Junjungan Tambunan, yang mengawal empat pesawat dari Indonesia, langsung menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada Dubes Rina Soemarno.

“Senang sekali menerima pesawat pertama kiriman bantuan kemanusiaan untuk Bangladesh dari Indonesia. Sudah ditunggu-tunggu, baik oleh Pemerintah Bangladesh karena ada beberapa keterbatasan di lapangan,” ungkap Rina Soemarno.

Selanjutnya, Rina Soemarno pun menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Bangladesh yang diwakili oleh Distric Commissioner Chittagong M Zillur Rahman Chowdhury.

Rina Soemarno mengatakan, bantuan kemanusiaan itu akan didistribusikan kepada pengungsi di Kota Coxs Bazar yang berjarak sekitar 170 kilometer dari bandara.

Selain itu, menurut Rina Soemarno, pengungsi sangat membutuhkan bantuan tersebut, terutama tenda.

“Kemarin saya ke Kota Coxs Bazar, di sana camp-camp pengungsian sudah melebihi kapasitas sehingga dibangun kamp-kamp yang asal-asalan tendanya. Hanya didukung oleh tenda bambu yang kalau kena angin atau hujan akan terbang,” kata Rina Soemarno.

Dua jam kemudian, pesawat Hercules kedua, A 1319, tiba di bandara. Pesawat kedua ini mengangkut bantuan kemanusiaan berupa beras sebanyak 10 ton.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia mengirim empat pesawat Hercules yang berisi 34 ton bantuan kemanusiaan bagi warga Rohingya.

Dua pesawat lainnya masih berada di Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda, Aceh. Menurut rencana, dua pesawat itu akan diberangkatkan pada Jumat ini.

“Secepatnya kami sesuaikan dengan flight clearence yang diberikan,” kata Komandan Satgas Civic Mission TNI AU Marsekal muda TNI Nanang Santoso. (nuch/kom)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR