Akbar-Tanjung
Akbar Tanjung. (foto: liputan6/Johan Tallo)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung berharap Ketua Umum Partai Golkar yang sekaligus Ketua DPR RI Setya Novanto dapat lolos dari jeratan status tersangka kasus korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

“Kami mengharapkan (Setya Novanto) bisa lolos dari praperadilan, sebagaimana ada beberapa tokoh sebelumnya yang pernah lolos,” ujar Akbar Tanjung di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis, 7 September 2017)

“Seperti antara lain Pak Budi Gunawan, Dahlan Iskan, Hadi Purnomo. Mudah-mudahan saja harapan kami (terkabul),” tambahnya.

Lebih lanjut mantan ketua DPR itu mengatakan, Setya Novanto punya alasan dan bukti-bukti yang kuat bahwa tidak terlibat dalam kasus megakorupsi yang merugikan negara sebesar Rp2,3 triliun tersebut.

“Para pembela Novanto punya alasan-alasan melakukan praperadilan dan bukti-bukti yang memperkuat ketidakterlibatan Novanto,” kata Akbar Tanjung.

Selain itu, Akbar Tanjung juga meminta kepada semua pihak untuk menghargai langkah hukum yang ditempuh oleh Setya Novanto dan menunggu putusan sidang praperadilan.

“Yah menghargai langkah yang diambil Novanto. Itu membuktikan beliau menghargai proses hukum. Kita percaya pada putusan majelis hakim. Kita tunggulah itu,” ucap Akbar Tanjung.

Seperti diberitakan sebelumnya, Setya Novanto mengajukan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dirinya menggugat penetapannya sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.

Menurut jadwal, sidang perdana gugatan praperadilan ketua umum Partai Golkar itu akan digelar pada Selasa, 12 September 2017 mendatang. (nuch/kom)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR