pendaftaran-CPNS
Ilustrasi pendaftaran CPNS. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Berdasarkan informasi yang dilansir dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk 61 instansi pemerintah akan dibuka pada 11-25 September 2017.

“Masyarakat masih punya waktu 19 hari lagi untuk melihat pengumuman secara seksama dan mempertimbangkan pilihan yang tepat,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan RB Herman Suryatman di Jakarta, Rabu, 6 September 2017.

Seperti yang diberitakan sebelumnya penerimaan CPNS periode kedua tahun ini dibuka untuk 17.928 pelamar, yang akan ditempatkan di 61 instansi yang terdiri dari 60 kementerian/lembaga dan Pemprov Kalimantan Utara.

Pendaftaran online dilakukan melalui situs BKN, https://sscn.bkn.go.id, dan selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi, serta hasilnya akan diumumkan pada 30 September 2017.

Lebih lanjut, Calon pelamar yang lulus pada tahap seleksi administrasi, wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan computer assisted test (CAT) yang akan diselenggarakan pada Oktober 2017.

Kemudian bagi peserta yang lulus akan melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang juga akan menggunakan CAT. Ditambah dengan tahapan lain seperti wawancara sesuai dengan kebutuhan instansi terkait.

Selain itu, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan mengintegrasi nilai SKD dan SKB untuk mendapatkan nilai akhir. Pengumuman kelulusan akhir akan diumumkan secara online.

Terkait hal itu Herman Suryatman mengingatkan kembali kepada masyarakat, khususnya generasi muda yang berminat menjadi CPNS, untuk tetap mewaspadai informasi yang tidak benar.

Dirinya meminta seluruh CPNS hanya mengakses informasi yang terdapat di situs resmi pemerintah dengan domain .go.id.

Sementara itu, Bagi pelamar CPNS periode pertama (untuk Kemenkumham) yang tidak lolos seleksi administrasi dapat mengikuti kembali pendaftaran CPNS pada periode kedua yang tersedia di 61 K/L tanpa harus membuat akun baru.

“Untuk pendaftaran online jadwalnya bergantung masing-masing instansi. Untuk itu calon pelamar sebaiknya mencermati terlebih dahulu seluruh keterangan, syarat/jadwal pendaftaran, dan mekanisme pelaksanaan pendaftaran di masing-masing formasi untuk menghindari kesalahan pendaftaran,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan. (nuch/ant)

loading...