Terkait Kasus e-KTP, JIN Laporkan Ketua KPK ke Kejaksaan Agung

gedung-Kejaksaan-Agung
Gedung Kejaksaan Agung. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo dilaporkan kelompok Jaringan Islam Nusantara (JIN) ke Kejaksaan Agung atas dugaan keterlibatan dirinya dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.

“Kami menemukan dari kajian, bahwa Agus Rahardjo saat menjadi Kepala LKPP terlibat dalam proses pengadaan e-KTP,” kata Presidium JIN Razikin kepada wartawan, Rabu, 6 September 2017.

Selain itu, pelapor ketua KPK tersebut juga menyinggung pernyataan mantan Mendagri Gamawan Fauzi soal adanya surat-menyurat antara LKPP dan Kemendagri saat pengadaan e-KTP.

Baca juga:   Ahok Akui Ikut Dalam Pembahasan E-KTP, Saat Dirinya Sebagai Anggota Komisi II DPR

“Kami kaji berdasar dari Gamawan Fauzi selaku Mendagri yang pernah diperiksa KPK, Gamawan menyebut Agus terlibat. Lalu kami meneliti dari penelusuran kami, kami dapat dokumen surat-menyurat antara LKPP dengan Kemendagri. Dari seluruh surat itu, kami membaca bahwa ada kejanggalan,” ungkap Razikin.

Adapun kejanggalan yang dimaksud adalah pernyataan Agus Rahardjo saat memimpin LKPP tentang proyek e-KTP yang tidak bisa diawasi dan sarat pelanggaran hukum.

“LKPP bilang (proyek e-KTP) tidak bisa diawasi, padahal Kemendagri mengirim surat ke LKPP yang isinya meminta LKPP mengirim tim pengawas. Kalau tidak salah, LKPP mengirim 3 orang untuk mengawasi pengadaan e-KTP. Berarti kan bisa diawasi. Aneh kan,” ucapnya.

Baca juga:   Polri: Terduga Penyerang Novel Baswedan Telah Diamankan

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung M Rum secara terpisah mengatakan bahwa surat pelaporan terhadap Agus Rahardjo masih ditelaah.

“Kita masih menelaah surat itu. Saya belum tahu apa yang dikasih dari yang bersangkutan,” ujar M Rum. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar