Aris-Budiman
Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK Aris Budiman. (foto: Antara/Rivan Awal Lingga)

JAKARTA, harianpijar.com – Kehadiran Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (Dirdik KPK) Aris Budiman ke rapat dengar pendapat Pansus Hak Angket beberapa waktu lalu tanpa seizin pimpinan KPK tak hanya menuai kritik.

Pasalnya, Ikatan Sarjana dan Profesi Perpolisian Indonesia (ISPPI) menyebut Aris Budiman pantas dianugerahi penghargaan di lingkup kepolisian atas tindakannya tersebut.

Menurut perwakilan ISPPI Irjen (Purn) Sisno Adiwinoto, sosok Aris Budiman, yang merupakan anak buahnya saat dia menjabat sebagai Kapolres Jakarta Selatan, merupakan sosok yang tegas dan mandiri.

Sedangkan soal tindakan Aris Budiman yang hadir di Pansus, Sisno Adiwinoto mengatakan hal itu merupakan bentuk pengungkapan fakta oleh Dirdik KPK itu.

“Saya menyarankan ke Kapolri dan Kadiv Propam untuk (Aris Budiman) diberikan penghargaan di lingkup kepolisian karena keberanian mengungkap suatu ketidakbenaran, bahkan mungkin menuju kejahatan,” kata Sisno Adiwinoto dalam rapat bersama Pansus Angket KPK di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 4 September 2017.

Selain itu, Sisno Adiwinoto menyebut, apa yang telah dilakukan Aris Budiman sesuai dengan prinsip kepolisian. Karena, polisi pasti akan memerangi kejahatan.

“Prinsip polisi dunia, Interpol, itu memerangi kejahatan. Jadi semua kejahatan itu diperangi bersama-sama,” kata Sisno Adiwinoto.

“Hanya saja, rumusan kejahatan berbeda negara dan negara lain,” tambahnya. (nuch/det)

loading...