Pengungsi-Rohingya
Pengungsi asal Rohingya menangis di kamp pengungi Bangladesh. (foto: google images)

BENGKULU, harianpijar.com – Sejumlah warga Bengkulu dari berbagai komunitas menggelar aksi “Bengkulu Peduli Rohingya” untuk membantu korban konflik etnis Rohingya di Myanmar.

“Aksi peduli Rohingya ini kami gelar dua hari untuk memaksimalkan penggalangan dana dari masyarakat Bengkulu,” ujar Koordinator Aksi Bengkulu Peduli Rohingya, Feri Vandalis, di Bengkulu, pada Senin, 4 September 2017.

Feri Vandalis mengatakan, aksi penggalangan dana tersebut sudah dimulai sejak Minggu, 3 September 2017 dengan menyasar sejumlah kawasan wisata serta kantong-kantong mahasiswa dari beberapa universitas.

Bekerja sama dengan komunitas drone Bengkulu, aksi penggalangan dana pertama sudah mereka lakukan di kawasan wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

Panitia penggalangan dana menetapkan beberapa titik pengumpulan dana, seperti di Kampus Universitas Bengkulu, IAIN Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Prof Dr Hazairin SH, dan Universitas Dehasen.

Selain itu, beberapa pusat keramaian juga ikut disasar, seperti Simpang Lima Ratu Samban, Simpang Skip, Simpang Padang Harapan, Simpang Pagar Dewa, dan kawasan wisata Pantai Panjang.

“Semua akan bergerak optimal hari ini, baik di kampus maupun di pusat keramaian,” kata Feri Vandalis.

Sementara itu, Feri Vandalis mengatakan, puncak penggalangan dana akan digelar pada Senin malam di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bengkulu yang rencananya akan dihadiri oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Sebagai bentuk partisipasi masyarakat Bengkulu untuk membantu korban konflik di Myanmar, acara puncak tersebut akan diisi berbagai penampilan seperti pertunjukan musik, puisi, dan nasyid .

“Kami berharap bantuan kemanusiaan ini bisa menolong etnis Rohingya yang menjadi korban konflik di Myanmar,” tandas Feri Vandalis. (nuch/ant)

loading...