Eggi-Sudjana-1
Eggi Sudjana, Mayjen (purn) Ampi N Tanudjiwa dan Rijal Kobar sedang melakukan suatu kegiatan. (foto: twitter/smp_prabowo)

JAKARTA, harianpijar.com – Baru-baru ini beredar foto yang memperlihatkan Eggi Sudjana, Mayjen (purn) Ampi N Tanudjiwa dan Rijal Kobar sedang melakukan suatu kegiatan.

Foto itu diunggah oleh akun Twitter @smp_prabowo dan kini jadi viral. Komentar-komentar di foto yang kembali diviralkan itu menuding bahwa foto itu merupakan ‘rapat Saracen’.

Seperti diketahui Eggi Sudjana dan Mayjen (purn) Ampi N Tanudjiwa ditulis situs Saracen News sebagai dewan penasihat. Meskipun demikian, Eggi Sudjana membantah kegiatan itu terkait dengan Saracen.

“Fitnah tuh. Foto tersebut foto 4 tahun lalu saat SMP, Solidaritas Menangkan Prabowo,” kata Eggi Sudjana kepada wartawan, pada Selasa, 29 Agustus 2017.

Eggi-Sudjana-1-1
. (foto: Screenshot twitter/smp_prabowo)

Dalam foto itu terlihat sejumlah orang yang mengenakan baju berwarna putih sedang berada di sebuah ruangan. Eggi Sudjana, Mayjen (purn) Ampi N Tanudjiwa dan Rijal Kobar terlihat duduk santai di kursi.

‘Ketua Umum Bang Rijal, Ketua Dewan Penasehat Pak Eggy Sudjana &Pak Ampi Tanudjiwa’ jadi caption foto tersebut. Selain itu, akun Twitter @Prabowo08, @hattarajasa dan @fadlizon juga disebut dalam caption foto itu.

Eggi Sudjana menepis semua tudingan yang mengikuti foto yang diviralkan itu. Eggi Sudjana menyebut foto itu diambil di rumahnya. Dirinya protes namanya dikaitkan dengan Saracen oleh Rijal Kobar.

“Itu foto dirumah akang. Jadi tidak ada hubungan dengan Saracen. Tolong Rijal suruh beri keterangannya ya kenapa masukin nama akang di Saracen padahal tidak pernah bilang ke akang,” kata Eggi Sudjana.

“Ini dasarnya omongan JAS sebagai tersangka ketika ditanya oleh reporter Metro TV,” tambahnya.

Sementara itu, inisial JAS yang dimaksud Eggi Sudjana adalah Jasriadi, ketua kelompok Saracen, yang saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi.

Sebelumnya, Eggi Sudjana telah membantah menjadi dewan penasihat dalam struktur kepengurusan Saracen. Senada dengan Eggi Sudjana, Mayjen (purn) Ampi N Tanudjiwa juga membantah bahwa dirinya sebagai penasihat dan mengaku tidak mengetahui kelompok Saracen penebar ujaran kebencian dan hoax yang berbau SARA itu.

“Nggak betul. Saracen saya nggak tahu. Orangnya pun saya nggak kenal. Yang saya kenal Eggi Sudjana saja. Tetangga saya di belakang rumah di Bogor,” kata Mayjen (purn) Ampi N Tanudjiwa kepada detik, di Kota Serang, Banten, Kamis, 24 Agustus 2017.

Sedangkan, Rijal Kobar diketahui menjadi terpidana kasus ujaran kebencian dan divonis 6 bulan 15 hari penjara. Dirinya menggerakan akun Twitter Iwan Bacot, @Bacotiwan, yang berisi ujaran kebencian dengan menggunakan email pribadinya. (nuch/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR