James-Wong-Howe-Google-Doodle

harianpijar.com – Sudahkah Anda melihat laman utama mesin pencari Google hari ini, Senin, 28 Agustus 2017? Ya, raksasa internet asal Amerika Serikat itu menampilkan gambar hitam putih seorang pria bernama James Wong Howe.

Menurut Wikipedia, James Wong Howe merupakan seorang sinematografer Tionghoa Amerika yang telah berkarya pada lebih dari 130 film.

Selain itu, James Wong Howe juga seorang master dalam penggunaan bayangan dan merupakan salah satu orang pertama yang memakai sinematografi fokus mendalam (deep focus), dimana pesawat-pesawat dekat dan jauh masih bisa difokuskan.

James-Wong-Howe
James Wong Howe (kanan). (foto: IMDb)

James Wong Howe lahir di Taishan, 28 Agustus 1899 dan meninggal dunia di Hollywood, 12 Juli 1976, pada umur 76 tahun.

Berdasarkan informasi yang dirangkum harianpijar.com menyebutkan bahwa James Wong Howe menjadi populer karena inovasinya dalam dunia perfilman.

Popularitasnya sendiri bukan hal yang mudah dicapai, mengingat Amerika Serikat pada saat itu masih penuh dengan diskriminasi ras.

Sepanjang karirnya, James Wong Howe menggunakan teknik pencahayaan, framing, dan kamera dengan pergerakan minimal sebagai ekspresi emosi. Tanpa sengaja James Wong Howe menemukan cara memasukkan nuansa warna dalam film hitam putih.

James Wong Howe juga yang kemudian dikenal sebagai orang pertama yang memakai crab dolly, dudukan kamera dengan empat penyangga, untuk memuluskan pergerakan horizontal saat merekam gambar.

Pada 1930an dan 1940an, James Wong Howe menjadi salah satu sinematografer yang terkenal di Hollywood. Tak tanggung-tanggung, dirinya dinominasikan dalam sepuluh Academy Awards atau yang lebih dikenal dengan Piala Oscar, untuk sinematografi.

Dari sepuluh nominasi tersebut, James Wong Howe berhasil mendapatkan dua Oscar untuk Filmnya yang berjudul The Rose Tattoo (1955) dan Hud (1963).

James Wong Howe juga dianggap sebagai salah satu dari sepuluh sinematografer paling berpengaruh dalam sebuah survei para anggota International Cinematographers Guild. (nuch)

loading...