Rakernas-PAN
Ketum PAN Zulkifli Hasan seusai pembacaan Rekomendasi Rakernas PAN di Bandung, Jawa Barat, Rabu, 23 Agustus 2017. (foto: Kompas/Rakhmat Nur Hakim)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Hanura Tridianto mempertanyakan sikap Partai Amanat Nasional (PAN) yang akan mendukung Zulkifli Hasan maju dalam Pilpres 2019. Terkait hal itu, dirinya ragu PAN bisa menang apabila mengusung ketua umumnya itu.

“Kita tahu sendiri, dari dulu PAN mengusulkan calon presiden atau wakil presiden enggak pernah jadi,” ujar Tridianto saat dihubungi, pada Rabu, 23 Agutus 2017 malam.

Seperti diketahui, pada Pilpres 2004 silam, PAN mengusung Amien Rais yang saat itu menjabat sebagai ketua umum, sebagai calon presiden dengan Siswono Yudo Husodo. Namun, pasangan ini kalah dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Jusuf Kalla (JK).

Sedangkan, pada Pilpres 2014, PAN juga mengusung ketua umumnya saat itu, Hatta Rajasa, sebagai calon wakil presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto. Namun, duet Prabowo Subianto-Hatta Rajasa juga kalah dari pasangan Joko Widodo (Jokowi)-JK.

Lebih lanjut, mantan kader Partai Demokrat itu mengingatkan bahwa PAN saat ini adalah bagian dari pendukung pemerintahan Jokowi-JK. Bahkan, Mayoritas partai pendukung Jokowi, termasuk Hanura, sudah menyatakan dukungannya untuk kembali mencalonkan Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.

Tridianto menyarankan PAN juga melakukan hal yang sama. “Jadi daripada kalah, ada baiknya PAN mengusung Pak Jokowi kembali,” saran Tridianto.

Meskipun begitu, Tridianto mengatakan, dirinya tetap menghargai keinginan mayoritas kader PAN untuk mengusung ketua umumnya sendiri sebagai capres atau cawapres.

Hasil Rakernas PAN di Bandung

Hasil dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN di Bandung, pada Rabu, 23 Agustus 2017 merekomendasikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk dicalonkan pada Pemilu 2019 mendatang.

Tapi, masih belum dipastikan apakah Zulkifli Hasan akan maju sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.

“Dalam rapat pleno, seluruh dewan pimpinan wilayah (DPW) sepakat bulat mengusulkan saudaraku Zulkifli Hasan untuk diusung sebagai bakal calon pimpinan nasional dalam Pemilihan Presiden RI 2019-2024,” kata Ketua Steering Committee Rakernas PAN Didik J Rachbini saat membacakan rekomendasi Rakernas.

“Meskipun demikian keputusan akhir diserahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum DPP PAN (Zulkifli Hasan),” tambahnya.

Rekomendasi tersebut, kata Didik J Rachbini, sudah bulat karena disetujui oleh seluruh peserta Rakernas yang terdiri dari Majelis Pertimbangan Partai dan Dewan Kehormatan.

Sementara itu, Zulkifli Hasan menyatakan dirinya merasa terhormat mendengar keputusan tersebut. Namun, dirinya menegaskan belum akan menindaklanjuti rekomendasi itu karena Pemilu 2019 masih dua tahun lagi.

Yang terpenting saat ini, menurut Zulkifli Hasan, PAN mendukung penuh pemerintahan Jokowi-JK hingga 2019. (nuch/kom)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR