JK-AMSI
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan sambutan saat membuka Kongres I Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Hotel Akmani, Jakarta, Selasa, 22 Agustus 2017. (foto: Liputan6/Johan Tallo)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka acara Kongres I Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Hotel Akmani, Jakarta, Selasa, 22 Agustus 2017.

Selain itu, acara tersebut dihadiri oleh pimpinan redaksi media online dari seluruh Indonesia dan Dirjen Kemenkominfo.

“Lebih dari 20 tahun media siber ada di Indonesia. Tapi baru kali ini memiliki asosiasi yang bersama-sama konsen untuk memajukan profesionalitas,” kata ketua panitia Adi Prasetya dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Adi Prasetya menjelaskan, AMSI sendiri merupakan organisasi yang dideklarasikan oleh para pemimpin redaksi atau perwakilan perusahaan media online pada 18 April 2017 lalu.

Terbentuknya AMSI sendiri awalnya diinisiasi oleh 26 perusahaan media online yang merasa prihatin dengan maraknya berita hoax yang tersebar di masyarakat, terutama yang diimplikasikan melalui media online.

Kongres-I-AMSI
Kongres I Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Hotel Akmani, Jakarta. (foto: Kumparan/Kevin Kurnianto)

“AMSI lahir dari situasi tidak enak melalui berita-berita bohong yang disebarkan melalui media yang seolah-olah resmi dan media massa. Merebaknya berita bohong dan fitnah seolah tidak bisa kita bendung. Sehingga teman-teman lalu menggagas lahirnya AMSI dan tanggal 18 April kita lakukan deklarasi,” ungkap Adi Prasetya.

AMSI, tegas Adi Prasetya, ingin menjadi elemen bangsa yang bisa mengajak masyarakat untuk pintar-pintar memilih mana kabar buruk, baik, dan bohong.

AMSI bersama media siber anggotanya ingin saling merapatkan barisan, saling asah, asuh, asih. “Kita ingin membantu sesama media siber untuk tumbuh bersama,” kata Adi Prasetya.

Sementara itu, sampai saat ini, anggota AMSI yang tercatat sudah hampir 300 media dengan 107 media yang mendaftar untuk mengikuti Kongres I di Jakarta. (nuch/kum)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR