FB-ringgo-abdillah-2
. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Muhammad Farhan Balatif (18), remaja tanggung yang mendadak terkenal setelah ditangkap polisi. Dirinya diduga sebagai orang dibalik akun Facebook bernama Ringgo Abdillah, penghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Muhammad Farhan Balatif alias Ringgo Abdillah sering mengunggah tulisan maupun gambar-gambar bernada merendahkan Presiden Jokowi.

Bahkan, seolah manusia kebal hukum, Muhammad Farhan Balatif juga mengejek Jenderal Tito Karnavian beserta jajarannya. Dengan sombongnya dirinya meminta polisi mencari dan menangkapnya terkait ujaran kebencian yang dirinya lontarkan.

FB-ringgo-abdillah-1
. (foto: screenshot salah satu status akun Facebook Ringgo Abdillah)

“Nama gue sudah masuk Google tapi gue belum masuk penjara,” tulis akun Ringgo Abdillah disalah satu status unggahannya.

“Setiap omongan yang keluar adalah omong kosong. Hei polisi, gue gak takut sama ancaman loe…loe cuma bisa gertak aja…” tambahnya dalam unggahan lain.

Akhirnya, sesumbar Muhammad Farhan Balatif menjadi kenyataan. Polisi menangkap dan menahan remaja tanggung itu di Polrestabes Medan.

Selain itu, Brigadir Ricky Swanda menjadi pihak yang melaporkan Muhammad Farhan Balatif ke Polrestabes Medan. Dirinya mengadukan Muhammad Farhan Balatif dalam laporan bernomor LP/444/VII/2017/Reskrim tertanggal 16 Juli 2017.

“Informasi dari Kapolrestabes Medan sudah diamankan dan saat ini sedang dilakukan pendalaman dan pemeriksaan di Polrestabes Medan,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting seperti dilansir detik, Minggu, 20 Agustus 2017.

Setelah dilakukan penangkapan, terungkap bahwa wajah Muhammad Farhan Balatif dan Ringgo Abdillah tak sama. Muhammad Farhan Balatif diketahui memakai foto orang lain untuk digunakan sebagai topeng dalam melancarkan aksinya.

Sementara itu, Muhammad Farhan Balatif dijerat dengan Pasal 45 ayat 2 jo Pasal 28 ayat 2 subs Pasal 27 ayat 2 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Sesumbar Muhammad Farhan Balatif soal kebal hukum hanyalah sebatas bualan. Nyatanya, Muhammad Farhan Balatif telah tertangkap. (nuch/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR