Enggartiasto-Lukita
Enggartiasto Lukita. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Alibaba Group memberikan suntikan modal kepada PT Tokopedia sebesar US$1,1 miliar atau setara Rp14,7 triliun. Oleh karena itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita melihat suntikan modal tersebut akan meningkatkan penjualan e-commerce dalam negeri.

“Bagus saja karena itu sesuatu keniscayaan yang tidak bisa dihindari, itu meningkatkan perdagangan (e-commerce) pada akhirnya,” kata Enggartiasto Lukita, pada Jumat, 18 Agustus 2017.

Dengan begitu, tentunya Tokopedia sebagai penerima investasi akan diuntungkan. Alibaba Group akan memberikan kemampuan lebih kepada Tokopedia.

Selain itu, Enggartiasto Lukita menegaskan, masuknya Alibaba Group ke dalam Tokopedia tidak akan mengancam industri ritel di Indonesia.

Dirinya mencontohkan, antara penjualan PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) dan MatahariMall.com yang bisa sama-sama tumbuh.

“Buktinya persaingan yang di dalam begitu ketat Matahari Department dan MatahariMall.com, gerainya meningkat,” jelas Menteri Perdagangan itu.

Pada semester I 2017 ini, laba bersih perusahaan meningkat menjadi Rp1,33 triliun dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp1,15 triliun. Hal itu disebabkan oleh kenaikan penjualan dari Rp5,17 triliun menjadi Rp5,73 triliun.

Sementara itu, sebagai informasi, meski Alibaba Group telah menyuntikan dana segar ke Tokopedia, kepemilikan sahamnya terbilang minoritas.

CEO dan Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, kerja sama atau kemitraan ini akan meningkatkan skala dan kualitas pelayanan Tokopedia kepada para penggunanya, sekaligus mempermudah para penjual dan para mitra Tokopedia untuk mengembangkan usahanya ke seluruh daerah di Indonesia, bahkan dunia.

“Salah satu budaya utama di Tokopedia adalah mempunyai ketulusan untuk berbagi selayaknya seorang guru dan keingintahuan untuk belajar selayaknya seorang murid. Kami selalu menganggap bahwa Alibaba merupakan guru dan role model bagi kami,” ungkap William Tanuwijaya, kemarin. (nuch/cnn)

loading...