Anies-Baswedan
Anies Baswedan. (foto: detik)

JAKARTA, harianpijar.com – Acara milad ke-19 Front Pembela Islam (FPI) di Stadion Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu, 19 Agustus 2017 dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan.

Meskipun begitu, tak diketahui secara jelas kapan Anies Baswedan hadir ke lokasi milad FPI. Pasalnya, FPI membatasi orang yang ingin masuk ke lokasi, termasuk untuk para wartawan.

Sementara, dalam sambutannya Anies Baswedan meminta FPI terlibat untuk menjaga kebhinnekaan di Indonesia.

“Dalam kesempatan ini saya ingin menegaskan kepada semua apa yang pernah kita sampaikan saat halal bihalal FPI DKI, ke depan FPI harus terus membuktikan bahwa inilah salah satu penjaga kebinekaan Indonesia. Harus hadir bukan bukan mengancam, harus hadir justru merawat kebhinnekaan,” ujar Anies Baswedan.

Hari jadi ke-19 ini, kata Anies Baswedan, harus jadi pembuktian bagi FPI. Dirinya juga meminta FPI bersikap demikian pada tahun-tahun mendatang.

“Ini adalah komitmen yang sudah saya dengar berkali-kali. Mari kita tunjukkan ke mata dunia bahwa 19 tahun perjalanan kemarin dan tahun-tahun ke depan menjadi tahun-tahun di mana masyarakat Indonesia merasakan kehadiran FPI sebagai penjaga kebhinnekaan,” kata Anies Baswedan.

Lebih lanjut, menurut Anies Baswedan salah satu yang harus dilakukan untuk menjaga kebhinekaan adalah dengan menghadirkan keadilan. Dirinya juga yakin FPI dapat terlibat dalam mewujudkan keadilan itu.

Walaupun di berbagai belahan dunia terjadi konflik, terjadi perpecahan, karena itu tanggung jawab kita adalah menghadirkan persatuan di Indonesia tetapi persatuan tidak bisa dihadirkan dalam ketimpangan, persatuan harus hadir dalam keadilan.

“Kita sering hanya bicara kesatuan tapi melewatkan keadilan. Keadilan adalah pondasi persatuan dan insyaallah FPI siap menghadirkan keadilan sosial di Indonesia,” tambah Anies Baswedan. (nuch/det)

loading...