Djarot-Saiful-Hidayat
Djarot Saiful Hidayat. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Setelah menyelesaikan proyek Simpang Susun Semanggi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meningkatkan kualitas pedestrian di sepanjang Jalan M H Thamrin sampai Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menargetkan proyek tersebut selesai awal tahun 2018 atau sebelum Asian Games 2018.

Lebih lanjut, dijelaskan Djarot Saiful Hidayat, jalur khusus pejalan kaki yang akan dibangun dengan lebar 5-10 meter. Lain itu, dana proyek menggunakan sisa uang untuk pembangunan Simpang Susun Semanggi yang mencapai sekitar Rp200 miliar.

Selain itu, proyek Simpang Susun Semanggi dibangun dengan dana kompensasi pelampauan koefisien lantai bangunan PT Mitra Panca Persada – anak perusahaan asal Jepang, Mori Building Company itu menghabiskan dana sekitar Rp360 miliar.

“Saya sudah sampaikan kepada presiden (Joko Widodo) tentang selesainya Simpang Susun Semanggi, sekaligus kita (mau) bangun pedestrian yang besar. Dari Thamrin-Sudirman saya janjikan tahun depan selesai,” jelas Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota Jakarta, Jumat 18 Agustus 2017.

Selanjutnya, dikatakan Djarot Saiful Hidayat, dirinya menginginkan peningkatan kualitas trotoar seiring dengan pembangunan transportasi masal berbasis rel mass rapid transit tahap satu rute Lebak Bulus-Sisingamangaraja-Bundaran HI.

“Ini juga bersamaan tahun depan stasiun (MRT) sudah selesai. Stasiun di Senayan sudah selesai, di Blok M selesai setelah itu nyambung (ke tahap kedua),” kata Djarot Saiful Hidayat.

Sementara, sisa masa jabatan Djarot Saiful Hidayat sebagai gubernur DKI Jakarta hanya kurang dari dua bulan atau sampai pertengahan Oktober 2017. Karena itu, Djarot Saiful Hidayat meminta gubernur dan wakil gubernur berikutnya, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, memantau proyek penunjang Asian Games sebaik-baiknya.

“Saya fokus untuk meletakkan dasar itu. Karena targetnya tidak bisa sampai dengan Oktober, saya harapkan ini bisa dikerjakan Pak Anies dan Pak Sandi,” kata Djarot Saiful Hidayat.

“Sehingga betul-betul 2018 kita siap sebagai tuan rumah untuk Asian Games seperti dikerjakan oleh Bung Karno tahun 1962. Kita saat itu sebagai tuan rumah Asian Games yang pertama,” lanjut Djarot Saiful Hidayat.

loading...