Presiden Jokowi Instruksikan Kepala Daerah Cari Bank Tanah

Presiden-Joko-Widodo-Jokowi-1
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

JAKARTA, harianpijar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan seluruh kepala daerah beserta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Menteri BPN Sofyan Djalil mencari dan mempersiapkan bank tanah di Indonesia.

Menurut Presiden Jokowi, keterbatasan lahan menjadi salah satu permasalahan utama Indonesia. Karena, selama ini pemerintah sama sekali tidak memiliki bank tanah (land bank).

“Ini kalau tidak kami selesaikan, sampai kapanpun akan kesulitan. Saya minta setiap daerah ini menyiapkan bank tanah,” kata Presiden Jokowi di JCC, Jumat 11 Agustus 2017.

Baca juga:   Raja Arab Salman Kunjungi Indonesia, Polisi Sterilkan Hotel-Hotel

Lebih lanjut, ditegaskan Presiden Jokowi, ini menjadi permasalahan sejak dahulu. Karena, lahan atau tanah Indonesia terbatas, tetapi jumlah penduduk terus bertambah. Pencarian ini diperlukan agar pembangunan mendatang lebih mudah.

Lain itu, menurutnya hal ini juga guna menjaga kestabilan harga lahan di seluruh daerah Indonesia.

Baca juga:   Jika Ingin Dapat Dukungan di 2019, Jokowi Harus Jaga Partai Golkar

“Jangan sampai nanti spekulan atau mafia tanah menguasai, sehingga harga tanah menjadi tidak wajar dan naik,” tegas Presiden Jokowi.

Sementara, Presiden Jokowi juga berpendapat, pencarian lahan akan lebih mudah di luar Pulau Jawa. Pencarian di Jawa akan sulit karena tingginya harga tanah dan minimnya lahan.

SUMBERCNN Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini