Fahri-Hamzah
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, saat menyampaikan undangan peresmian The Yudhoyono Institute (TYI) di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis, 10 Agustus 2017.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyambut baik pertemuan antara Presiden Jokowi bersama Gibran Rakabuming Raka, dengan AHY yang merupakan putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Saya kira baguslah. Ini kan politik yang kita harus pahami, demokrasi itu politik permainan bebas, tapi tidak berbahaya,” kata Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2017.

“Jadi kita boleh marah-marahan tapi enggak boleh pukul-pukulan. Kita boleh kritik-kritikan, tapi enggak boleh maki-makian,” tambahnya.

Lebih lanjut, Fahri Hamzah mengibaratkan pertemuan AHY dengan Presiden Jokowi kemarin seperti permainan silat. Pasalnya, Presiden Jokowi dan SBY yang sempat terlihat bersinggungan saat Pilkada Jakarta, kini terlihat seperti tengah berdamai.

Ke depannya, kata Fahri Hamzah, cara-cara berpolitik yang menggunakan simbol tanpa menggunakan kekerasan tersebut patut diteruskan.

“Silatlah kalau kita bilang. Ini silat. Menghindar, kirim anak, itu baguslah dalam demokrasi,” ujar Fahri Hamzah.

Sementara itu, saat akan bertemu Presiden Jokowi kemarin, AHY mengatakan, kedatangannya untuk meminta doa restu kepada Presiden Jokowi terkait peresmian The Yudhoyono Institute (TYI).

“Ya, minta doa restu, sekaligus kami minta wejangan dari Presiden,” kata AHY.

Selain itu, AHY juga mengatakan, undangan kepada Presiden Jokowi sudah disampaikan terlebih dahulu beberapa hari lalu kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Namun, Presiden Jokowi tak bisa memenuhi undangan AHY karena telah memiliki agenda acara lain. Sementara, dalam pidatonya pada peresmian The Yudhoyono Institute (TYI), AHY turut menyampaikan amanah Presiden Jokowi untuk para generasi muda.

SUMBERKompas
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR