Facebook-Hoax
Ilustrasi Facebook. (foto: google images)

PAMEKASAN, harianpijar.com – Status-status akun Facebook dengan nama akun Rizal Ali Zain membuat geram Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Pamekasan dan Pimpinan Cabang GP Ansor Pamekasan, Jawa Timur. Lain itu, lantaran status-status yang diunggahnya kerap mengandung unsur penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum (Ketum) PBNU KH Said Aqil Siroj.

Selanjutnya, Banser dan Ansor pun menelusuri keberadaan akun tersebut hingga akhirnya ditemukan bahwa pemilik akun adalah Barmawi (37), warga Desa Panagguan, Kecamatan Proppo, Pamekasan, Jawa Timur.

Kemudian, Barmawi diajak untuk memberikan tabayun (klarifikasi) kepada PCNU Pamekasan, Selasa 8 Agustus 2017. Sementara, di hadapan para kiai, Barmawi mengaku salah dan khilaf atas status yang sudah dibuatnya selama ini.

Menurut Barmawi, status tersebut diakuinya karena terpengaruh dengan grup media sosial yang sering melakukan penghinaan terhadap Presiden Jokowi dan Ketum PBNU.

“Saya diundang ke grup yang isinya banyak menghina presiden dan PBNU sehingga saya terpengaruh,” kata Barmawi yang tidak menjelaskan grup media sosial yang diikutinya.

Sementara, Ketua PCNU Pamekasan Taufik Hasyim menilai perbuatan yang dilakukan Barmawi sangat keji. Karena, Presiden adalah simbol negara yang harus dihormati dan Kiai Said Aqil Siroj adalah ulama besar dan juga pimpinan tertinggi NU.

Karena itu, Barmawi diminta untuk meminta maaf langsung kepada Said Aqil Siroj di Jakarta atau di kediamannya secara langsung.

“Pilihannya yakni minta maaf langsung kepada Ketua Umum PBNU atau kita laporkan ke polisi karena penghinaan ini adalah pelanggaran pidana. Langkah ini kami lakukan agar tidak terulang kembali dengan pelaku yang berbeda,” kata Taufik Hasyim.

Sedangkan, Barmawi sendiri mengaku siap untuk bertemu langsung dan meminta maaf kepada Said Aqil Siroj di Jakarta. Lain itu, dalam waktu dekat dirinya akan segera ke Jakarta. Bahkan, tidak hanya itu, Barmawi juga akan minta maaf di media sosial. Lain itu, akun Facebook Barmawi sudah ditutup setelah kejadian ini mencuat ke publik.

Sementara, salah satu penghinaan terhadap Presiden Jokowi yang disampaikan Barmawi pada tanggal 6 Mei 2017. Barmawi memposting kalimat “Presiden terbaik dan terhebat sepanjang trotoar !!! Hahaha….”

Sedangkan, hinaan kepada Said Aqil Siroj, dilakukan Barmawi pada 30 Juli 2017. Barmawi menulis status bahwa Said Aqil Siroj merupakan keturunan Ya’juj dan Ma’juj yang dalam sejarah dicatat sebagai dua suku yang memiliki kekuatan dan akan muncul pada akhir zaman sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi.

Lain itu, Barmawi juga mengunggah foto ilustrasi Said Aqil Siroj dengan beberapa tokoh seperti Nusron Wahid, Yaqut Cholil Qoumas Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor dan Permadi.

SUMBERTribunnews
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR