Reni-Marlinawati
Reni Marlinawati. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menilai dukungan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) kepada Joko Widodo (Jokowi) sebagai indikasi bahwa Jokowi memiliki nilai positif dalam memimpin Indonesia.

“Berarti pemerintah memang punya progress positif. Karena kalau tidak positif, tidak mungkin memperoleh dukungan,” kata Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati di DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 3 Agustus 2017.

Sementara, ditegaskan Reni Marlinawati, Fraksi PPP merespons baik dukungan HT kepada Jokowi. Lain itu, siapapun berhak memberi dukungan kepada pemerintah.

“Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya dukungan, akan semakin membuat Presiden Jokowi semakin percaya diri untuk merealisasikan program-program atau janji-janjinya saat kampanye yang sebagian sudah bergulir dan dilaksanakan,” tegas Reni Marlinawati.

Lebih lanjut, Reni Marlinawati juga mengatakan, terkait apakah dukungan tersebut akan membuat elektabilitas Jokowi menurun, mengingat HT saat ini berstatus sebagai tersangka, itu persoalan lain.

“Ini persoalan politik. Menurun atau tidaknya bisa dibuktikan melalui survei saja. Tapi menurut saya hari ini bertambahnya dukungan itu sinyal positif untuk pemerintahan. Artinya menjadi suplemen bagi Jokowi untuk semakin percaya diri menjalankan programnya,” kata Reni Marlinawati.

Sementara, menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, banyaknya partai yang mendukung Jokowi untuk maju ke bursa pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019 merupakan bukti kinerja pemerintah selama tiga tahun ini memuaskan. ‎

“Semakin banyak parpol yang memberikan dukungan kepada Presiden incumbent, ini menunjukkan achievement atau prestasi Presiden itu diapresiasi oleh publik,” kata Pramono Anung di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 2 Agustus 2017 baru lalu. ‎

Sebelumnya diketahui, partai pendukung pemerintah terdiri dari Golkar, Nasdem, PPP, Hanura, dan PDI Perjuangan. Sementara, partai yang sudah menyatakan bakal mengusung Jokowi di pilpres 2019 yaitu Golkar, Nasdem, PPP, dan Hanura.

Kemudian terakhir, Partai Perindo juga akan menambah kekuatan pendukung Jokowi di 2019. Menurut Ketua umumnya, Hary Tanoesoedibjo (HT), menyatakan akan membahas dukungan tersebut di rapat pimpinan nasional.

Selanjutnya, Pramono Anung juga mengatakan, pilpres dan pemilu legislatif nanti akan dilaksanakan serentak. Hal ini membuat partai harus cepat konsolidasi.

“Karena bersamaan (pilpres dan pileg), tentunya jauh-jauh hari parpol ada yang menyampaikan dukungan kepada siapapun itu. Apakah kepada A, B atau C,” kata Pramono Anung.

Sedangkan, Bendahara Umum Partai Golkar Robert J Kardinal menyambut positif dukungan HT. Itu artinya, pemerintahan di bawah Jokowi menunjukkan prestasi.

“Saya kira ini hal yang positif saja. Karena lebih banyak (dukungan) lebih bagus, berarti kan mereka menilai pemerintah sekarang bekerja dengan baik terutama Jokowi-Jusuf Kalla,” kata Robert J Kardinal di DPR.

SUMBERSuara
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR