Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir dalam Penutupan Festival Lebaran Betawi

festival-lebaran-betawi
Ilustrasi Festival Lebaran Betawi. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir dalam acara penutupan Festival Lebaran Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta, pada Minggu, 30 Juli 2017.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Betawi Zainuddin. “Saya minta beliau untuk hadir pada acara penutupan, dan beliau menyanggupi,” ujar Zainuddin di kawasan Setu Babakan, Jumat, 28 Juli 2017.

Lebih lanjut, Zainuddin mengatakan, undangan untuk Presiden Jokowi ini adalah bentuk apresiasi masyarakat Betawi atas upaya pemerintah, terutama presiden, untuk turut melestarikan dan mengenalkan budaya Betawi ke dunia internasional.

“Dalam sejarah uang negara, baru sekarang ini salah satu kebudayaan Betawi, yaitu tari topeng, akhirnya dipajang (di uang Rp100 ribu). Pak Jokowi juga sudah memakai jas ujung serong ketika menerima tamu kenegaraan. Jadi, undangan ini adalah apresiasi kami kepada beliau,” kata Zainuddin.

Baca juga:   Siang Ini, Jokowi Bertemu SBY dan Langsung Ajak Makan Siang di Istana

Sementara itu, dalam perayaan Lebaran Betawi hari terakhir tersebut, Presiden Jokowi akan memberi sambutan, menyaksikan beragam hiburan kesenian khas Betawi, meninjau museum dan rumah-rumah adat yang jadi kepemilikan lima kota dan satu kabupaten administratif Jakarta, serta ikut menempa pusaka Betawi bersama para empu dari Sanggar Bilah Sangga Buana.

“Semacam pusaka spiritual, dan orang pertama yang menempanya adalah Pak Jokowi. Nantinya didampingi oleh Pak Gubernur (Djarot Saiful Hidayat),” jelas Zainuddin.

Baca juga:   Demokrat: Rakyat Ingin Pemerintahan Presiden Jokowi Berjalan Sukses

Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah sebelumnya mengungkapkan bahwa, perayaan Lebaran Betawi 2017 ini menghabiskan dana hingga Rp700 juta. Dana tersebut diambil dari hibah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

Lebaran Betawi 2017 ini digelar di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan pada Jumat-Minggu, 28-30 Juli 2017.

Sejumlah acara kesenian juga disiapkan untuk menghibur para pengunjung yang datang, mulai dari tanjidor dan ondel-ondel bergoyang, musik gambang kromong, atraksi Silat Betawi, rebana biang, lenong, hingga layar tancep.

Pemprov DKI memperkirakan akan ada lebih dari 20.000 pengunjung yang hadir tahun ini.

SUMBERCNN Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini