Panglima-TNI-Jenderal-Gatot-Nurmantyo
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. (foto: VIBIZMEDIA/RULLY)

JAKARTA, harianpijar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pembekalan pada 729 Calon Perwira Remaja TNI-Polri. Lain itu, mereka sebagai garda terdepan pertahanan dan keamanan harus pandai membaca arah angin perkembangan zaman.

“Beliau (Presiden Jokowi) menyampaikan pada calon perwira remaja, bahwa mereka harus berpikir strategis dan mengantisipasi perkembangan zaman dengan belajar, belajar dan belajar,” kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai pembekalan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Senin 24 Juli 2017.

Menurut Jenderal Gatot Nurmantyo, perkembangan teknologi seperti penciptaan mobil listrik tesla, robot dan kecanggihan lain tentu mengubah strategi pertahanan dan keamanan. Hal seperti ini yang perlu dipelajari, bagaimana seharusnya unsur pertahanan dan keamanan disesuaikan.

Baca juga:   Lihat Pembangunan Papua Semakin Maju, OPM Serahkan Diri

Lebih lanjut, ditegaskan Jenderal Gatot Nurmantyo, perkembangan lain seperti ekonomi juga harus ditelaah oleh para perwira remaja. “Ini kan semuanya landscape ekonomi, teknologi, keamanan dan pertahanan,” tegas Jenderal Gatot Nurmantyo.

Selain itu, juga dijelaskan Jenderal Gatot Nurmantyo, terakhir pelayanan pada masyarakat, bagaimana para calon perwira dituntut menjadi abdi negara, termasuk melayani masyarakat. Karena, mengingat kondisi ke depan akan semakin sulit dan membutuhkan TNI-Polri sebagai unsur pertahanan keamanan yang merakyat.

Baca juga:   Soal Kerusuhan Papua, Moeldoko Minta Prajurit TNI-Polri Bisa Kendalikan Emosi

“Perwira harus berdiri bersama rakyat, mengayomi rakyat, melindungi rakyat. Karena tugas ke depan bukan semakin ringan,” tandas Jenderal Gatot Nurmantyo.

Sedangkan diketahui, 729 calon perwira remaja ini akan dilantik di Istana Merdeka, Selasa 25 Juli 2017 (hari ini-red). Lain itu, rinciannya ada 292 calon perwira Akpol, 437 calon perwira dari TNI AD, 94 calon perwira TNI AL dan 119 calon perwira TNI AU.

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of