Di Simalungun, Petani Kecamatan Panombeian Panei Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

ilustrasi-pupuk
ilustrasi pupuk. (foto: google images)

SIMALUNGUN, harianpijar.com – Pupuk bersubsidi yang menjadi jatah Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), mengalami kelangkaan, sementara pola tanam hampir selesai dan sangat memerlukan pupuk, para pedagang kios pupuk mulai gelisah atas tuntutan para petani.

Menurut salah seorang Ketua Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Lancar Sitompul mengatakan, penyebab kelangkaan pupuk bersubsidi di Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun ini salah satunya disebabkan kurangnya pengawasan dari instansi terkait.

“Karena itu, pihaknya meminta kepolisian untuk menindaklanjuti permasalahan kelangkaan pupuk bersubsidi yang sering terjadi di daerah kami dan jangan sampai terulang lagi,” kata Lancar Sitompul saat dikonfirmasi harianpijar.com dilokasi.

Baca juga:   Nenek Aina 75 Tahun Datangi Kediaman Wakil Bupati Simalungun, Apa Kata Wakil Bupati?

Lebih lanjut, dijelaskan Lancar Sitompul, dirinya juga meminta instansi terkait, seperti Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun perlu membahas masalah itu agar kelangkaan tidak kembali terjadi. Lain itu, kelompok tani, distributor, serta Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida juga harus turut serta mengatasinya, karena harus sama-sama ikut bertanggungjawab.

Berdasarkan hasil pantauan, kelangkaan pupuk bersubsidi di Kecamatan Panombeian Panei, sudah satu minggu dijalankan pola tanam serentak namun pupuk belum tersalur ke kios-kios pupuk yang ada.

Baca juga:   KASAD TNI: Pemikiran Dr JR Saragih Luar Biasa, Lahirkan Generasi Berbakat

Sementara, menurut salah seorang karyawan UD Hendra di Desa Panombeian, mengatakan, bila kelangkaan pupuk di daerahnya terus terjadi bisa menyebabkan para petani gagal panen.

Sementara, menurut Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Panombeian Panei, Joner Saragih mengatakan, dirinya sudah mendengar keluhan petani soal kelangkaan pupuk tersebut. Menurutnya, masalah ini telah ditindak lanjuti, kami telah menghubungi pihak distributor untuk segera menyalurkan pupuk ke Kecamatan ini.

“Jawaban dari pihak distributor (PT Petro kimia) mereka akan segera menyalurkan persediaan pupuk dalam minggu ini,” kata Joner Saragih. (dedi sihombing)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar