Jaksa Agung: Ormas Tidak Perlu Takut dengan Penerbitan Perppu

jaksa-agung
HM Prasetyo, dirinya tidak mengetahui berapa banyak ormas yang dindikasikan bertentangan dengan Pancasila.

JAKARTA, harianpijar.com – Jaksa Agung HM Prasetyo minta Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) untuk tidak khawatir, apalagi takut terkait penerbitan Perppu Nomor 2 Tahun 2017, yang memuat tentang pembubaran ormas.

“Kecuali bagi ormas-ormas yang menyimpan agenda sendiri yang bertentangan dengan Pancasila, mendegradasikan NKRI, tentunya harus dilakukan penindakan yang sama,” tegas HM Prasetyo usai menjadi Inspektur Upacara HUT Adhyaksa ke-57, di Kejaksaan Agung,  Sabtu 22 Juli 2017 kemarin.

Baca juga:   Teten Masduki: Aturan Ormas Lama Hanya Bisa Bubarkan Organisasi Komunis

Menurut HM Prasetyo, dirinya berharap ormas-ormas yang baik, dalam konteks tidak bertentangan dengan Pancasila tidak perlu khawarir, apalagi takut untuk menjalankan aktifitasnya dalam bingkai NKRI. “Jadi, tidak perlu takut atau khawarir,” kata HM Prasetyo.

Lebih lanjut, dijelaskan HM Prasetyo, dirinya tidak mengetahui berapa banyak ormas yang dindikasikan bertentangan dengan Pancasila. Lain itu, dirinya juga tidak bisa menyatakan ormas ini dan itu radikal.

Baca juga:   Sah Jadi UU, Ini Isi Lengkap Perppu Ormas No 2 Tahun 2017

“Kita lihat saja di lapangan. Lalu, kita lihat bukti-bukti di lapangan,” jelas HM Prasetyo.

Sementara, penerbitan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 dikritisi banyak pihak, karena dianggap mencederai demokrasi dan tidak mengindahkan hukum, terutama proses peradilan yang fair dan imparsial.

Seperti, pencabutan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang mencantumkan khilafah. Padahal, prinsip hukum tidak bisa berlaku surut.

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar