Soal Ormas Anti-Pancasila, I Wayan: Yang Melanggar Pasti Dibubarkan

I-Wayan-Sudirta
I Wayan Sudirta. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Forum Advokat Pengawal Pancasila minta pemerintah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk bertindak tegas terhadap keberadaan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang mengusung semangat anti Pancasila.

“Sikap kita, pemerintah itu jangan ragu-ragu, tegas, adil, nggak boleh pandang bulu. Siapapun yang melanggar ditindak,” kata pengacara I Wayan Sudirta ketika audiensi dengan Menkumham Yasonna H Laoly di gedung Kemenkumham, Kuningan, Jakarta, Jumat 21 Juli 2017.

Baca juga:   MK: Berkas Gugatan HTI Soal Perppu Ormas Sudah Lengkap

Lebih lanjut, ditegaskan I Wayan Sudirta, dirinya tidak dapat merinci nama ormas yang di maksud. Dirinya mendukung pemerintah langsung mencabut badan hukum ormas, seperti yang telah diterapkan kepada Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), usai penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017, perubahan atas UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Baca juga:   Pakar Nilai Makin Cepat Jokowi Terbitkan Perppu KPK Makin Bagus

“Sebenarnya perppu ormas ini nggak mengancam siapa-siapa, dia hanya membuat rambu-rambu. Kalau nggak mau dibubarkan ya jangan melanggar. Yang melanggar pasti akan dibubarkan. Jadi harus ada sikap tegas,” jelas I Wayan Sudirta.

Sementara, pengacara Juniver Girsang mengatakan, Kemenkumham dan Polri memiliki kewenangan untuk bertindak. “Itu kewenangan daripada Menkumham dan kepolisian yang menilai,” kata Juniver Girsang.

SUMBERSuara

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini