Bukan Byakugan atau Tenseigan? Ini Nama Doujutsu Boruto yang Sebenarnya

mata-boruto

harianpijar.com – Sejak awal kemunculan anime Boruto, mata Boruto telah menjadi misteri tersendiri yang sepertinya sangat menarik untuk dibahas.

Tentunya banyak penggemar Naruto ataupun Boruto yang bertanya-tanya, apakah mata Boruto ini Byakugan atau Tenseigan? Atau memang sesuatu yang benar-benar baru?

Meskipun begitu, setelah episode 15 Boruto tayang, sepertinya sudah mulai terungkap bahwa “doujutsu” atau “teknik mata” Boruto adalah Jougan.

“Doujutsu adalah teknik spesial yang membuat indera penglihatan (mata) memiliki kemampuan lebih tinggi daripada mata biasa. Doujutsu tidak dimiliki oleh sembarang ninja. Biasanya diwariskan turun temurun.”

Penasaran seperti apa Jougan milik Boruto ini? Dan apa pula kemampuannya?

mata-boruto-1Berikut beberapa informasi tentang Jougan Boruto yang redaksi harianpijar.com rangkum dari berbagai sumber:

Masih ada hubungan dengan Otsutsuki

Animator Boruto sendiri menjelaskan Jougan masih berhubungan dengan klan Otsutsuki. Jika diurut silsilah keluarga Boruto, Boruto masih ada hubungan darah dengan klan Otsutsuki yang diturunkan dari Ibunya, Hinata.

Baca juga:   Anime Boruto - Organisasi Kara dan Alat Ilmiah Ninja

Toneri-Otsutsuki-borutoTak hanya itu, hal tersebut juga diperkuat dengan seringnya Toneri Otsutsuki muncul dalam mimpi Boruto (di awal episode 8 dan akhir episode 14 anime Boruto) dan memberikan arahan, seakan-akan Toneri sudah tahu banyak tentang mata misterius Boruto.

Bukan Byakugan atau Tenseigan

Sebelumnya, sempat muncul anggapan bahwa mata Boruto adalah Byakugan yang kemudian berkembang menjadi Tenseigan. Tapi, sekarang telah terbukti bahwa anggapan itu salah.

Salah satu animator Boruto memposting sebuah gambar di blog pribadinya dan memperlihatkan Boruto sedang membersihkan mata kanannya.

Boruto-JouganSang animator itu pun menuliskan “Jougan” yang berarti “Pure Eye” atau “Mata Suci” untuk keterangan gambar tersebut, dan menyatakan bahwa mata Boruto bukanlah Byakugan atau Tenseigan.

Kombinasi Byakugan dan kemampuan Sensor Naruto

Animator Boruto mengatakan, Jougan merupakan kombinasi antara kemampuan yang dimiliki Byakugan dan kemampuan sensor Naruto untuk merasakan emosi negatif atau kebencian.

Baca juga:   Boruto Episode 17: Larilah, Sarada!!

naruto-dan-hinataHal ini sepertinya menjelaskan kenapa Jougan bisa melihat aliran chakra layaknya mata Byakugan dan merasakan emosi negatif seperti kemampuan sensor Naruto disaat menggunakan Mode Chakra Ekor Sembilan (Nine-Tails Chakra Mode).

Untuk yang terakhir, secara tidak langsung hal tersebut seperti mengonfirmasi bahwa chakra Kyuubi juga menurun pada Boruto.

Seperti yang diketahui, kemampuan melacak emosi negatif ini hanya bisa dilakukan oleh shinobi yang menggunakan chakra Kyuubi. Kemudian tercampur dengan darah keturunan Hyuga, dan akhirnya Boruto pun bisa memiliki Jougan.

Selain kemampuan-kemampuan di atas, Jougan juga memiliki kemampuan untuk melihat batas antar dimensi, seperti yang ditunjukkan pada anime Boruto episode 14.

Kemampuan yang dimiliki Jougan bisa dibilang cukup menarik, dan sepertinya masih banyak kemampuan lain yang belum terungkap. Di samping itu, Boruto sendiri juga belum bisa menggunakan teknik mata miliknya tersebut. Sejauh ini, itulah yang bisa harianpijar.com rangkum tentang Jougan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini