Polri Akan Pidanakan yang Kembali Gunakan Nama HTI

Irjen-Setyo-Wasisto
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto. (foto: NTMC Polri)

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menekankan pengurus atau anggota tidak bisa lagi mengatasnamakan diri sebagai Hizbut Tahir Indonesia (HTI) setelah badan hukumnya dicabut.

Menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, pidana bakal menanti pihak-pihak yang kembali mengatasnamakan HTI.

“Kalau dia secara sengaja melakukan itu dan terbukti unsur-unsurnya pasti diproses secara pidana,” kata Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 19 Juli 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Irjen Setyo Wasisto, pihaknya bakal lebih dulu menyelidiki, mengumpulkan keterangan, dan barang bukti untuk menganalisa hal tersebut. Namun, Polri juga akan melihat lebih dulu perkembangan setelah HTI dibubarkan.

Baca juga:   Bela Enzo Allie, Fahri: Pandangan Pribadi dan Pilihan Politik Orang Bukan Dosa di Negeri Ini

Lain itu, pihaknya akan memproses hukum pengurus atau anggota yang masih bergerak mengatasnamakan HTI.

“Nanti kalau masih ada yang memaksakan ngomong bahwa itu (khilafah) kita bisa proses. Sesuai dengan klausul pidananya kita akan lihat,” tegas Irjen Setyo Wasisto.

Seperti diberitakan, pemerintah secara resmi telah membubarkan HTI. Hal tersebut, ditandai dengan pencabutan surat keputusan (SK) badan hukum HTI oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Baca juga:   Ratusan Massa HTI Gelar Aksi Tolak Perppu Ormas

“Mereka (HTI-red) mengingkari AD/ART (anggaran dasar/anggaran rumah tangga) sendiri. Itu salah satu pertimbangan kami mencabut SK badan hukum HTI,” kata Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Freddy Harris.

Lain itu, Freddy Harris tak memungkiri di AD/ART HTI tercantum Pancasila sebagai ideologi. “Namun, dalam praktik keseharian, kegiatan dan aktivitas HTI banyak yang bertentangan dengan Pancasila dan tak berjiwa NKRI,” tandas Freddy Harris.

SUMBERMetrotvnews

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini