Baru HTI Yang Dibubarkan? Jokowi: Kita Bicara Satu-Satu

jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

JAKARTA, harianpijar.com – Menanggapi pertanyaan mengapa baru organisasi kemasyarakatan (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dibubarkan menggunakan Perppu Ormas.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mau mengungkap ormas mana yang akan dibubarkan pemerintah setelah HTI. Lain itu, HTI dibubarkan pemerintah sebagai tindaklanjut dari Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang ormas.

“Kita berbicara satu-satu,” kata Presiden Jokowi usai menghadiri Rakernas Apkasi di JCC, Jakarta, Rabu 19 Juli 2017.

Baca juga:   Sekjen Golkar Sebut Pencalonan Jokowi di Pilpres 2019 Harga Mati

Menurut Presiden Jokowi, HTI dibubarkan lantaran diduga berseberangan dengan ideologi Pancasila dan NKRI. Sementara, Presiden juga irit bicara soal nasib ormas lainnya.

“Yang ini kan hari ini sudah diputuskan ya itu (HTI-red),” ucap Presiden Jokowi.

Seperti diberitakan, per hari ini, pemerintah secara resmi membubarkan HTI. Hal itu ditandai dengan pencabutan surat keputusan (SK) badan hukum HTI oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Baca juga:   Try Sutrisno Sebut UU Ormas Jawaban untuk Hadapi Kondisi yang Menggelisahkan

“Mereka (HTI) mengingkari AD/ART (anggaran dasar/anggaran rumah tangga) sendiri. Itu salah satu pertimbangan kami mencabut SK badan hukum HTI,” kata Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Freddy Harris.

Selanjutnya, Freddy Harris juga menjelaskan, tak memungkiri di AD/ART HTI tercantum Pancasila sebagai ideologi. “Namun, dalam praktik keseharian, kegiatan dan aktivitas HTI banyak yang bertentangan dengan Pancasila dan tak berjiwa NKRI,” jelas Freddy Harris.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar