Menkumham: Daripada Rusuh, Ahok Tidak Masuk Lapas Cipinang

Yasonna-Laoly
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

JAKARTA, harianpijar.com – Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mengatakan penempatan terpidana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Markas Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, didasari alasan yang kuat.

Menurut Yasonna Laoly, sampai saat ini Ahok belum dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur, dengan alasan keamanan.

“Di lapas Cipinang ada dua kelompok, kelompok pemilih Ahok dan kelompok bukan pemilih Ahok. Dan ini punya sentimen khusus. Karena kita tahu, dalam pilkada yang lalu, masing-masing dengan sentimen yang emosionalnya sangat tinggi,” kata Yasonna Laoly di DPR, Jakarta, Rabu 12 Juli 2017.

Baca juga:   Ahok: Saya Sedih Bakal Dipecat Anies Baswedan, Enggak Ada Omongan lagi

Lebih lanjut, ditegaskan Yasonna Laoly, selain itu daya tampung lapas Cipinang juga sudah melebihi kapasitas sehingga tidak mungkin Ahok dipaksakan masuk ke sana.

“Daripada kita, bukan politisme, daripada nanti kita masukin (Ahok), nanti ada pendukung yang bilang ‘awas kau (Ahok)’. Rusuhlah nanti kiri kanan baku gantung,” tegas Yasonna Laoly.

Sementara, menurut Yasonna Laoly, perlakuan seperti ini tidak hanya diberikan kepada Ahok. Sebelumnya, terpidana kasus korupsi Muhammad Nazaruddin juga pernah seperti itu.

“Nazaruddin pernah menikmatinya. Banyak orang kok. Saya nggak perlu sebutlah,” kata Yasonna Laoly.

Baca juga:   Ahok: Warga Mulai Sadar Kalau Dirinya Difitnah Soal Penodaan Agama

Seperti diberitakan, Ahok divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas perkara penodaan agama. Lain itu, putusan tersebut dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto dalam persidangan yang digelar di Auditorium Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa 9 Mei 2017.

Selesai menjalani sidang, Ahok ditahan di lapas Cipinang, namun kemudian dipindahkan ke Mako Brimob karena alasan keamanan.

Sedangkan, kasus hukum ini sudah dinyatakan berkekuatan hukum tetap setelah Ahok dan jaksa memutuskan tidak mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar